Solusi Isi Ulang Baterai Tanpa Kabel Telah Ditemukan

0
175

PATAS.ID – Industri ponsel masih tetap bergelut dengan teknologi pengisian baterai tanpa kabel (wireless charging) yang hingga kini hasilnya belum memuaskan. Namun, sepertinya hal tersebut segera terealisasi dengan adanya penemuan terbaru dari Disney Research yang berhasil membangun sebuah ruangan yang bisa menyediakan tenaga listrik tanpa kabel sama sekali.

Tim peneliti dari Disney Research menggunakan gelombang magnetik untuk memompa tenaga listrik tanpa kabel pada sebuah ruangan berukuran sekitar 5 x 5 meter yang diisi perabotan dan beragam alat elektronik. Ruangan tersebut kemudian dialiri oleh Quasistatic Cavity Resonance (QSCR) sehingga seluruh permukaan dinding, lantai, dan langit-langit bisa memproduksi listrik sendiri yang bisa dialirkan kembali pada barang-barang elektronik yang ada di dalam jangkauan gelombang.

Menurut Matthew Chabalko  dari Disney Research, dengan menggunakan metode QSCR, ruangan bisa mentransmisikan listrik sebesar 1,9 kilowatt sekaligus aman untuk dihuni.

“Daya listrik sebesar itu setara dengan mengisi ulang 320 ponsel cerdas secara bersamaan,” ungkapnya.

Lebih jauh, Chabalko mengungkapkan bahwa besar ruangan bisa disesuaikan berdasar kebutuhan. Hal serupa juga dikemukakan oleh Pimpinan Disney Research, Alanson.

“Dalam demonstrasi ini, kami hanya memberikan ilustrasi metode QSCR dalam ruangan sebesar 5 x 5 meter. Namun sakala ruangan bisa diperkecil sehingga sebesar dus mainan, atau bisa jadi sebesar gudang, sesuai kebutuhan.”

Penemuan ini disambut dengan tangan terbuka oleh banyak pihak. Tentu sangat menyenangkan memiliki ruangan yang otomatis mengisi ulang HP dan laptop tanpa perlu kabel atau colokan. Namun beberapa pihak menilai potensi yang dimiliki QSCR bisa dikembangkan lebih jauh lagi, misalnya diterapkan pada garasi bahan bakar mobil elektrik, dipasang di fitness centre sehingga pengunjung bisa sepuasnya mendengarkan lagu sambil berolahraga, dan lain sebagainya. (cho)

Comments

comments