Penemuan Benua Baru Zealandia

0
280

SELANDIA BARU, patas.id – Para ilmuwan untuk pertama kalinya berhasil menggambarkan Zealandia, sebuah benua tersembunyi yang berada di sebelah timur Australia. Di atas benua ini, berdiri negara Selandia Baru dan Kaledonia Baru, sementara 94% sisa benua lainnya terendam air. Termasuk ke dalam benua ini adalah wilayah Australia, Lord Howe and Kepulauan Norfolk.

Penemuan benua baru ini dipublikasikan oleh para ilmuwan dalam studi berjudul Zealandia: Earth’s Hidden Continent yang dipublikasikan dalam jurnal Geological Society Of America (GSA) Today, Jum’at (17 Maret 2017). Menurut mereka, Benua Zealandia dan Australia berdekatan satu sama, hanya terpisah oleh Cato Trough sejauh 25 kilometer, di lepas pantai Queensland.

Studi tersebut menyatakan 94% Benua Zealandia memisahkan diri dari Benua Australia dan tenggelam 60-85 juta tahun lalu. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya patahan di sebelah barat daya Pasifik. Dengan ukurannya yang besar dan terpisah, para ilmuan mengklaim Zealandia layak dianggap sebagai benua mandiri.

Maria Seton, salah seorang ilmuwan dari Universitas Sydney yang ikut dalam penelitian tersebut, mengatakan bahwa konsep Benua Zealandia telah ada sejak tahun 1990-an. Selain studi tersebut, baru-baru ini citra satelit juga menunjukkan bahwa Selandia Baru berdiri di atas sebuah area yang luas.

“Para ilmuwan percaya bahwa Zealandia dulunya mengambang di atas air, namun kami belum tahu pasti seberapa luas. Sebagai sebuah benua, Zelandia memiliki ketebalan mulai 10 hingga 30 kilometer. Ketebalan tertinggi berada di wilayah Kepulauan Selatan Selandia Baru, yang mencapai 40 kilometer.”

Lebih jauh, Seton mengungkapkan bahwa luas Zealandia adalah sekitar 1 juta kilometer persegi dan lebih tebal dari lempeng laut yang biasanya hanya setebal tujuh kilometer. Oleh karena itu, wilayah tersebut sudah layak dianggap sebagai benua mandiri.

Dampak politik dan ekonomi tentu akan ada. Dalam studi selama 6 tahun tersebut, disebutkan bahwa terdapat bahan bakar fosil senilai puluhan miliar dollar yang terletak di lepas pantai selandia Baru dan Australia. Dengan adanya penemuan benua ini, hak penambangan harus ditentukan berdasar letak geografis. (cho)

 

Comments

comments