“Tjianjoer Tempo Doeloe” dalam Foto-foto

0
59

PATAS.ID – Jika kita membuka mesin pencari gambar Google dan mengetik kata “Cianjur”, kita bisa melihat warna-warni foto yang diunggah oleh individu, pemerintah, atau media-media Cianjur.

Namun di antara foto-foto tersebut, terselip beberapa foto lawas yang masih berwarna hitam putih, sebagian menguning oleh waktu sehingga harus kita “bersihkan” terlebih dahulu sebelum layak ditampilkan kembali. Foto-foto yang diambil sebelum masa kemerdekaan tersebut sebagian merupakan koleksi museum Belanda, sebagian lagi diambil oleh fotografer lepas atau koleksi pribadi.

Saat melihat foto-foto lawas tersebut, bisa jadi akan banyak pertanyaan yang muncul dalam benak kita: Kapan tepatnya foto tersebut diambil? Mengapa foto tersebut diambil? Apakah pengambilan fotonya dibuat natural atau sengaja diatur? Apa yang terjadi setelah foto tersebut diambil? Siapa yang melihat hasil cetaknya pertama kali?

Apapun jawabannya, patas.id menyajikannya kembali sebagian foto-foto lawas Cianjur di bawah ini untuk pembaca, disertai keterangan yang berhasil dihimpun mengenai foto tersebut, hitung-hitung bernostalgia. (cho)