Penambahan Kuota Haji Cianjur Hanya Puluhan Jamaah

0
236

CIANJUR, patas.id – Kementerian Agama (Kemenag) Cianjur masih menunggu kepastian adanya penambahan kuota jamaah haji di tahun ini. Pasalnya, penambahan kuota hanya akan diberikan pada daerah dengan antrean hingga 45 tahun. Sementara Cianjur dengan antrean 12 tahun diperkirakan hanya mendapat tambahan kuota dengan jumlah puluhan.

“Kalau kuota kami belum bisa beri penjelasan. Belum ada komunikasi lebih lanjut dari Kanwil ataupun dari Kemenag RI,” ujar Staf Pemberangkatan Haji dan Umroh Kemenag Cianjur, Mamat Slamet, saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (15 Februari 2017).

Menurutnya, dengan total calon jamaah 15 ribu orang dan kuota pemberangkatan 1.061 orang per tahun, lama antrean di Cianjur mencapai 12 tahun. Sementara berdasarkan informasi yang diterimanya, penambahan kuota haji akan dipusatkan ke wilayah dengan lama antrean 30 tahun sampai 45 tahun.

“Di luar pulau Jawa, ada yang antreannya 45 tahun, dan itu yang akan didahulukan untuk mendapatkan penambahan kuota haji. Kalau Cianjur rasanya hanya dapat sebagian kecil, paling puluhan, tidak lebih. Tapi pastinya nanti setelah ada koordinasi lebih lanjut.”

Mamat mengungkapkan, kuota haji Cianjur normalnya di angka 1.433 orang per tahun, dengan begitu antrean pemberangkatan bisa lebih cepat. Bahkan, menurutnya, jumlah pendaftar haji di Cianjur semakin banyak. Sebab dalam sebulan ada 250 orang pendaftar.

“Dengan jumlah itu, antrean pemberangkatan di tahun ini jadi 12 tahun, sementara tahun lalu hanya 10 tahun. Memang kalau terus dibiarkan bisa semakin lama, tapi tidak mungkin ada penghentian atau pembatasan pendaftaran.”

Dia menambahkan, rencananya pada Maret atau awal April akan ada informasi pasti, penambahan kuota haji untuk Cianjur. “Sebelum itu ada, kami akan pakai kuota lama, sambil melakukan perhitungan jika ada penambahan. jamaah pun sudah banyak yang datang menanyakan penambahan. Walaupun sudah ada perkiraannya, tapi kami tetap tunggu keputusannya nanti,” kata dia.

Di sisi lain, Mamat mengimbau para jamaah untuk mempersiapkan diri, sebab pemberangkatan jamaah haji di tahun ini akan dilakukan mulai akhir Juli, sementara untuk Cianjur akan mulai berangkat pada awal Agustus. “Dipersiapkan saja, mulai dari paspor, fisik, dan lainnya. Termasuk melunasi sisa biaya pendaftaran,” tuturnya. (isl)

Comments

comments