Gerakan Amal Little Free Pantry Nan Unik

0
200

PATAS.ID – Little Free Pantry awalnya adalah proyek amal yang dipelopori oleh anak-anak sekolah di wilayah North Carolina, Amerika Serikat. Namun proyek ini kemudian ditiru dan berkembang menjadi gerakan massa di berbagai penjuru dunia.

Konsep gerakan ini mulanya sangat sederhana, yaitu siswa-siswa yang mampu menyediakan makanan dan minuman yang disimpan dalam little pantry atau dapur kecil serupa kandang burung berkaca. Dapur kecil ini ditempatkan di sekolah dan isinya bisa diambil siswa lain yang merasa lapar namun tak punya bekal atau uang untuk jajan.

Dalam perkembangannya kemudia, little pantry didirikan di lokasi-lokasi rawan pangan dan setiap orang yang membutuhkan bisa mengambil satu atau dua barang yang terdapat di dalamnya. Selain little pantry, ada juga little library atau perpustakaan kecil, dimana penyumbang buku menyimpan buku untuk dipinjam oleh siapa saja yang sedang membaca. Free little library biasany disimpan di taman dimana orang-orang biasa bersantai.

Salah satu sekolah yang meniru konsep ini adalah seorang warga yang tinggal Beaufort County. Dia mendirikan sebuah free little pantry  di depan rumahnya. Dia tidak mengiklankan kehadiran little pantry tersebut, hanya menyimpan tulisan bahwa siapapun yang membutuhkan bisa mengambil seperlunya dan menyisakan bagi orang lain yang juga membutuhkan.

“Banyak orang-orang yang lapar tapi mereka enggan mengatakannya pada orang lain. Untuk itulah aku mendirikan little pantry ini, untuk berbagi.”

Isi little pantry bisa beragam di berbagai tempat. Sebagian menyediakan makanan kaleng yang tahan lama, namun ada juga yang menyediakan roti dan buah-buahan, tergantung kerelaan donatur. Terkadang, ada donatur yang menyimpan tisu, mainan, atau perlengkapan mandi.

Di internet, kita bisa melihat perkembangan proyek ini melalui fanspage Facebook dan berbagai website. Faktanya, semakin banyak free little pantry didirikan baik oleh individu maupun yayasan amal. Selain free little pantry, kotak makanan ini sering juga disebut blessing box atau kotak berkah. (cho)

Comments

comments