Taksi Udara Sliweran di Dubai Mulai Juli Nanti

0
203

DUBAI, patas.id – Dubai baru saja menguji taksi udara EHang 184, buatan China, pada Senin (13 Februari 2017) kemarin. Dalam ujicoba tersebut, Ehang 184 berputar-putar mengelilingi Hotel Burj al-Arab atau Burj Khalifa, yang menjadi ikon kota Dubai.

EHang 184 merupakan taksi udara berbentuk drone pengangkut yang diprogram untuk melaju 100 kilometer/jam pada ketinggian 300 meter. Kendaraan ini dibuat oleh pabrik perakitan drone EHang asal Cina, diisi ulang setiap dua jam, dan dapat menempuh perjalanan selama 30 menit dengan bobot penumpang maksimal 100 kilogram.

Penumpang taksi udara EHang 184 hanya tinggal masuk ke dalam drone, menekan lokasi tujuan yang terpampang dalam layar, lalu duduk manis. Seluruh operasi kendaraan dikendalikan dari sebuah pusat pengendali di darat. Dilaporkan selain memiliki sensor yang baik, EHang juga mampu terbang dalam segala kondisi cuaca.

Uji coba ini dilakukan sehubungan dengan rencana Pemerintah Kota Dubai untuk menggunakan kendaraan udara sebagai alat transportasi penduduknya pada Juli 2017 nanti. Menurut Mattar al-Tayer, Kepala Badan Transportasi dan Jalan Dubai, Ehang 184 merupakan fasilitas yang disediakan bagi para peserta World Government Summit yang berlangsung 12-14 Februari 2017.

“Kendaraan udara yang dipamerkan di acara World Government Summit bukan hanya sekedar model, kami telah menerbangkannya di langit Dubai.”

Pada April 2016 lalu, pemimpin Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, mengumumkan rencananya agar pada tahun 2030 nanti, 25% kendaraan di Dubai sudah tak perlu dikemudikan oleh manusia lagi. Dengan kata lain, jumlah kendaraan tanpa awak akan diperbanyak.

Realisasi rencana ini telah dimulai dengan didatangkannya mobil kotak tanpa awak EZ10 yang dirakit oleh perusahaan terkemuka Perancis, EasyMile. Pada Oktober 2016, Dubai juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan Hyperloop One, perusahaan yang berbasis di Los Angeles. Hyperloop adalah kapsul elektrik  magnetis yang melaju dalam tabung dengan kecepatan 1.220 kilometer/jam. Hyperloop direncanakan jadi kendaraan penghubung antara Dubai dan Abu Dhabi. (cho)

Comments

comments