Ketua PWI: Masih Banyak Wartawan yang Tak Bisa Menulis Berita

0
212

CIANJUR, patas.id – Ketua PWI Perwakilan Cianjur, Esya Mahendra, mendorong jurnalis atau pewarta di Cianjur untuk terus meningkatkan profesionalitas melalui karya jurnalistiknya. Pelatihan pun bakal dilakukan untuk memperbaiki kualitas dan mengantisipasi wartawan di Cianjur jadi penyebar berita bohong atau hoax.

‎Menurutnya, peningkatan kualitas dan profesionalitas itu bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional 2017. “Melalui peringatan hari pers yang jatuh hari ini, para jurnalis, wartawan, atau pewarta harus bisa menunjukan kualitasnya melalui karya,” ujarnya.

Esya mengakui, masih banyak dari wartawan yang ternyata tidak bisa menulis berita, padahal karya jurnalistik dilihat dari tulisannya. Oleh karena itu dirinya akan membuat pelatihan menulis bagi pewarta di Cianjur.

“‎Sebenarnya keinginan ini sudah muncul sejak 2016, tapi maih belum terealisasi. Namun dalam waktu dekat, program itu akan dijalankan demi melahirkan wartawan yang berkualitas.”

Di samping itu, wartawan di Cianjur mesti tetap mengedepankan kredibilitas, berita yang aktual dan berdasarkan fakta, serta objektifitas. Hal tersebut, menurut Esya, harus dilakukan untuk mengantisipasi maraknya pemberitaan hoax.

“Saat ini yang perlu diperangi ialah berita hoax. Jangan sampai wartawan di Cianjur menjadi salah satu penyebar berita hoax. Makanya dasar-dasar‎ dalam pemberitaan harus dipertahankan.”

Esya juga berharap wartawan di Cianjur dapat terus meningkatkan kualitas dan karyanya. “Baik wartawan muda ataupun yang sudah senior, wartawan cetak atau elektronik, semuanya harus bersatu dan menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas,” tandasnya. (isl)

Comments

comments