Politisi Rangkul Teknologi: Hologram untuk Kampanye

0
245

LYON, patas.id – Kandidat presiden Perancis dari Partai Sayap Kiri Radikal, Jean-Luc Melenchon, merangkul teknologi hologram 3D dalam kampanye Pemilihan Presiden Perancis 2017 di Lyon, Minggu (5 Februari 2017) kemarin.

Hologram merupakan sebuah proses penampilan gambar yang terbentuk akibat terbentuknya pola pencampuran sinar ketika dua sinar laser bertumbuk pada satu permukaan holograf. Teknologi rekayasa optik tiga dimensi ini bisa dilihat secara kasat mata tanpa bantuan alat lain. Dengan teknologi ini, Melenchon tampil di dua event kampanye sekaligus, yakni di kota Lyon dan Saint Denis.

Melechon yang memakai jaket bergaya Jawaharlal Nehru, perdana menteri pertama India, merangkul teknologi hologram untuk memberikan kesan modern sekaligus menyapa para pendukungnya. Kemunculan proyeksi hologram dirinya pun, tentu saja, mendapat sambutan meriah seperti nampak dalam video.

Namun, Melenchon bukan satu-satunya politisi yang merangkul teknologi canggih untuk meraih massa. Pada tahun 2014, Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan, juga memakai hologram untuk meraup massa. Hal yang sama juga dilakukan Narendra Modi yang kini menjabat sebagai Perdana Menteri India, dalam kampanyenya. Bisa jadi di tahun 2019, Indonesia juga akan melihat penampakan politisi dalam hologram kampanye. (cho)

 

23 April 2017.

Comments

comments