Pemekaran Wilayah Hanya Politic of Noise

0
201
CIANJUR, patas.id – Direktur Institute Economic and Social Development (Inside) Yosep Somantri menilai munculnya usulan pemekaran Cianjur Utara dengan 13 kecamatan hanya delusi atau politics of noise. Bahkan Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur mempertanyakan cakupan wilayah yang dimekarkan.
Yosep, menuturkan, isu yang diambil dalam pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) dinilai tidak cerdas. Apalagi berkaca dari pemerintahan yang baru berjalan dan kebijakannya. “Ini hanya membangun opini agar muncul distrust (ketidakpercayaan) kepada pemerintah. Hanya sebatas noise atau kegaduhan,” kata dia saat dihubungi melalui telepon, Senin (6 Februari 2017).
Yosep mengatakan, beberapa waktu lalu juga muncul moratorium DOB, sehingga dengan adanya usulan tersebut prosesnya akan lama. Bahkan usulan DOB Cianjur selatan dan Cipanas yang sudah muncul pun tidak kunjung terealisasikan.
“Yang sudah adapun kajiannya ditunda, apalagi dengan munculnya moratorium DOB dari pemerintah pusat. Ini memang sebatas membangun opini agar warga tidak percaya dengan pemerintahan saat ini.”
Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur, Lika Nurhayati, mengungkapkan bahwa Cianjur saat ini sebaiknya memang tetap jadi satu kesatuan, tetapi pemerintah mesti membuktikan adanya pemerataan pembangunan. “Memang baiknya tetap bersatu, namun pemerataan pembangunan harus dilakukan, baik di perkotaan atau di Cianjur selatan,” ujarnya.
Lika juga mengaku belum sepenuhnya paham dengan konsep pemekaran yang muncul, terlebih dari segi wilayah. Pasalnya pemekaran tersebut mencakup pusat pemerintahan saat ini dan menyisihkan tiga kecamatan di Cianjur Utara.
“Normalnya, pemekaran itu di luar dari pusat pemerintahan. Seperti halnya Sukabumi dan Ciamis, dimana yang dimekarkan itu wilayah di pinggirannya, sementara pusat pemerintahan dan perkotaan tetap dipertahankan. Selain itu, kalau terealisasi, wilayah Cianjur akan terputus antaran Cianjur selatan dengan Cipanas. Kecuali, ketika pemekaran langsung dua wilayah, Cianjur Utara dan Cipanas, tapi rasanya akan sulit dan perlu kajian lebih matang,” tandasnya. (isl)

Comments

comments