Cianjur Kekurangan Armada dan Tempat Sampah

0
163

CIANJUR, patas.id – Kabupaten Cianjur masih kekurangan armada pengangkut sampah. Di tahun ini, dibutuhkan sedikitnya 10 unit truk sampah tambahan. Tidak hanya itu, jumlah tempat sampah di pinggir jalan dan tempat umum pun dinilai masih kurang. Cianjur membutuhkan sedikitnya 200 tempat sampah baru.

Hal tersebutĀ diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Yoni Raleda. Menurutnya, untuk mengangkut 491 meter kubik sampah, setiap harinya 14 truk sampah, 10 cator dan empat amrol harus bekerja ekstra. Bahkan beberapa armada harus berkali-kali beroperasi untuk mengangkut sampah dari titik yang tingkat penumpukannya cukup tinggi.

“Harus diakui, armada yang ada masih kurang. Akibatnya beberapa armada harus bekerja ekstra. Dampaknya tentu umur dari armada akan lebih pendek dan harus sering diperbaiki,” ujarnya, Senin (5 Februari 2017).

Yoni menuturkan, Dinas Lingkungan Hidup membutuhkan tambahan sepuluh truk sampah untuk mengoptimalkan pengangkutan dari area perkotaan dan Cipanas. Pengadaannya truk-truk tambahan itu menurutnya akan diusulkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kalau dari anggaran yang ada di daerah tentunya tidak mungkin, sebab butuh anggaran yang besar. makanya diajukan ke Pemprov Jabar.”

Di samping kekurangan armada, lanjut Yoni, Cianjur juga masih minim tempat sampah. Sedikitnya 200 tempat sampah akan dibuat di tahun ini dengan anggaran yang bersumber dari APBD Perubahan. “Dengan anggaran lebih kurang Rp 3 miliar, dinilai terlalu minim. Jadi akan diajukan di perubahan dengan harapan ada penambahan anggaran untuk pengadaan tempat sampah. Jika armada dan tempat sampah sudah sesuai kebutuhan maka penanganan sampah di Cianjur bisa diselesaikan,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments