Peras Turis Asing, 6 Polisi Gadungan Dicokok

0
227

CIANJUR, patas.id – Enam pelaku pemerasan terhadap turis asing di Kawasan Kota Bunga Desa Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dicokok Satreskrim Polres Cianjur, Selasa (31 Januari 2017) malam.

Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Benny Cahyadi, menuturkan, penangkapan beberapa pelaku tersebut merupakan pengembangan atas penangkapan pelaku pertama, beberapa waktu lalu. “Iya, sudah ditangkap tadi (Selasa, red) malam . Tapi kasusnya masih dalam pengembangan,” tuturnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (1 Februari 201).

Menurut Benny, para pelaku memeras korbannya dengan modus berpura-pura menjadi anggota polisi. Dalam melancarkan aksinya, para pelaku memanfaatkan perempuan yang berperan sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK). Mereka sengaja mendatangi korban untuk memberikan jasa layanan seksual.

Sesuai rencana, lanjut dia, para PSK itu kemudian terlibat keributan dengan para korbannya. Mereka pun berpura-pura melaporkan ke aparat kepolisian agar warga asing itu diproses hukum.

“Mereka pakai perempuan. Kemudian mereka membuat keributan dengan korbannya. Tak lama datang para pelaku yang mengaku-ngaku sebagai oknum polisi yang akan memproses hukum atas laporan dari perempuan itu.”

Para pelaku lalu memeriksa kelengkapan dokumen keimigrasian korban. Supaya terlihat meyakinkan, paspor korban disita oknum polisi gadungan tersebut. Korban pun diancam akan ditangkap jika tidak menyerahkan sejumlah uang yang diminta. “Agar proses hukum tak berlanjut, para pelaku memeras korbannya,” lanjut Benny.

Benny belum bisa menyebutkan besaran nilai kerugian dari para korban dengan dalih sampai saat ini kasus tersebut masih dalam pengembangan. “Kalau nilainya belum karena masih dalam pemeriksaan,” ujarnya.

Hingga saat ini baru dua warga asing yang dilaporkan menjadi korban. Benny menduga kemungkinan masih ada korban lain. “Baru dua orang yang menjadi korban. Mereka warga Arab Saudi. Jadi kami belum bisa simpulkan besaran nilai uang yang diperoleh para pelaku,” jelasnya.

Keenam pelaku diketahui warga Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Hingga saat ini polisi masih menyelidiki kasus tersebut. Para pelaku sekarang ditahan di Mako Polres Cianjur. (isl)

Comments

comments