BPJS Ketenagakerjaan Cianjur Siapkan Dana Klaim 29 Miliar

0
242

CIANJUR, patas.id – BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur mengungkapkan telah mengeluarkan dana klaim peserta hingga Rp 29 miliar. Pencairan klaim jaminan hari tua dan kecelakaan kerja pun ditegaskan mudah tanpa ada proses yang dipersulit jika persyaratan klaim telah lengkap.

Kepala Kantor Cabang Pelayanan (KCP) BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur, Joko Sundoro, menuturkan, selama 2016, terdapat 6.954 klaim dari peserta, dengan nilai uang sekitar Rp 29 miliar. Klaim tersebut terdiri dari jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua.

“Untuk jaminan kecelakaan kerja ada 78 kasus dengan nilai uang yang dikeluarkan Rp 3,2 miliar, jaminan hari tua sebanyak 6.837 klaim dengan nominal uang Rp 25.834.056.670,- dan jaminan kematian sebanyak 39 kasus dengan uang yang dikeluarkan sebesar Rp 1,485 miliar,” kata dia, Rabu (1 Februari 2017).

Joko menegaskan bahwa prosedur klaim jaminan kecelakaan, kematian, dan hari tua prosesnya tidak sulit dan cepat. Bahkan jika persyaratan yang diminta telah lengkap, proses pencariannya paling lama tujuh hari telah selesai.

“Tidak akan lama, paling lambat seminggu. Yang lama itu biasanya dalam pelengkapan persyaratan klaim.”

Joko menjelaskan, untuk bisa mencairkan dana jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan ialah identitas diri serta pelaporan dari perusahaan, seperti paklaring atau surat keterangan dari perusahaan, keterangan kecelakaan kerja, hingga surat keterangan kematian. “Persyaratannya juga ada yang dibantu oleh pihak perusahaan. Kami juga ingin setiap klaim itu cepat, sebab semakin cepat akan semakin baik,” tandasnya. (isl)

Comments

comments