Menumbuhkan Kembali Rambut yang Rontok

0
262
Exif_JPEG_PICTURE

PATAS.ID – Kerontokan rambut tidak hanya terjadi pada pria. Wanita juga mengalaminya. Bahkan, 40% wanita mengalami kerontokan rambut saat usia mereka mencapai 40 tahun, ujar dr. Joshua Zeichner MD, Direktur Kosmetik dan Riset Klinis di Mount Sinai Hospital, York City.

Meskipun sama-sama mengalami kerontokan rambut, namun pola kerontokan rambut pria dan wanita tak sama. Kerontokan rambut pada wanita lebih disebabkan oleh faktor hormon dihydrotestosterone (DHT) serta faktor genetik (keturunan). Dengan kata lain, kerontokan rambut pada wanita bisa disebabkan oleh faktor stress, diet, dan faktor gaya hidup lainnya.

Kita tak bisa menahan faktor genetik, oleh karena itu ada baiknya jika kita berusaha memperbaiki gaya hidup agar kerontokan rambut bisa diatasi, seperti:

  • Kurangi stress. Tekanan psikososial bisa menyebabkan rambut rontok, demikian penjelasan dr. Zeichner. Stress memerintahkan rambut untuk masuk ke dalam fase istirahat (telogen effluvium) sehingga menyebabkan kerontokan terutama di bagian depan/kening. Untuk menghindarinya, lakukan terapi stress semacam yoga, berolah raga, berlibur, dan lain sebagainya.
  • Perhatikan pola makan. Protein, magnesium dan zat besi sangat penting bagi kesehatan rambut. Daging, ikan, dan kacang-kacangan merupakan sumber protein terbaik. Minumlah susu. Dengan pola makan yang baik, kerontokan bisa diatasi, bahkan rambut bisa tumbuh kembali.
  • Konsumsi suplemen penambah gizi, jika perlu. Dr. Zeichner menyarankan dua suplemen rambut terbaik, yakni Nutrafol dan Viviscal.
  • Perawatan rambut tradisional. Banyak tanaman atau bahan alamidi sekitar kita yang dipercaya bisa menyuburkan rambut, seperti seledri, lidah buaya, minyak cemceman, minyak kemiri, jus bawang merah+bawang putih+jahe, teh hijau, dan lain sebagainya. Balurkan bahan tradisional tersebut pada rambut sambil melakukan pemijatan agar zat-zat berkhasiat di dalamnya bisa diserap oleh kulit kepala dengan baik.
  • Perlakukan rambut dengan lembut. Jangan menyisir secara terburu-buru, jangan menggosok rambut yang baru dicuci, jangan menyisir rambut saat sedang basah. Jangan mengikat rambut dengan kencang setiap hari. Setiap selesai keramas, handuk pengering cukup ditekan-tekan pada rambut untuk menyerap tetesan air. Hindari pemakaian hair dryer berlebihan, hindari memakai obat-obatan kimia, cat rambut maksimal dilakukan setiap 3 bulan sekali, jangan terlalu sering.
  • Awasi ketombe. Ketombe menyebabkan gatal yang membuat kita menggaruk dan merontokkan rambut. Peradangan akibat ketombe juga bisa menyebabkan rambut rapuh dan jatuh. Pilihlah shampo secara hati-hati.
  • Selama perawatan, pilihlah potongan rambut yang membuat volume rambut terlihat tebal. Jika kerontokan atau kebotakan terjadi pada belahan rambut, ganti sisi belahan rambut agar bagian yang botak bisa beristirahat. Lakukan perawatan secara teratur. (cho)

Comments

comments