$20 Juta Ditemukan di Bawah Ranjang

0
30

BOSTON, patas.id – Kepolisian Boston menemukan uang tunai sejumlah $20 juta di bawah tempat tidur saat melakukan penyelidikan terkait kasus pencucian uang. Menurut US Attorney Office, uang tersebut ditemukan saat polisi menggeledah sebuah apartemen di kawasan Westborough, Massachusetts.

Pemilik apartemen, Cleber Rene Rizerio Rocha (28 tahun), diduga merupakan komplotan pencuci uang asal Brasil yang bersembunyi di belakang perusahaan bernama TelexFree Inc yang bermarkas di Marlborough, Massachusetts. Perusahaan ini dicurigai merupakan bagian dari skema pencucian uang internasional senilai $3 miliar.

Pada tahun 2004, dua pendiri TelexFree Inc telah dituntut, namun salah satunya, Carlos Wanzeler, kabur ke Brasil dan hingga kini belum ditemukan. Satu pendiri lainnya, mantan pimpinan perusahaan James Merrill, dinyatakan bersalah pada bulan Oktober lalu.

Sementara itu, pengacara Rocha, Raymond Sayeg Jr, meminta pembebasan dengan jaminan. Alasannya adalah, Rocha tidak memiliki catatan kejahatan. Namun hakkim tak mengabulkan tersebut. “Hakim tak mengabulkan karena klien saya adalah warga negara Brazil yang tak memiliki perjanjian ektradisi dengan Amerika Serikat. Hakim khawatir klien saya tak datang saat dipanggil ke pengadilan,” keluh Raymond yang yakin kliennya tak bersalah. (cho)