Luar Biasa! Bocah 4 Tahun Ini Sudah Membaca 1.000 Buku Lebih!

0
191

GAINESVILLE, patas.id – Di saat anak-anak lain sesuasianya terpaku di depan layar TV atau bermain dengan gadget yang merusak, Daliyah Arana telah tamat membaca 1.000 buku lebih. Bocah berumur 4 tahun yang belum masuk Taman Kanak-kanak ini sudah bisa membaca saat usianya baru mencapai 2 tahun 11 bulan.

Menurut sang ibu, Haleema Arana, saat masih belajar berjalan, Daliyah sering mendengarkan kakaknya membaca buku pelajaran secara lantang di rumah mereka di Gainesville, Florida, Amerika Serikat. Saat usianya 18 bulan, Daliyah sudah mengenali kata-kata dalam dongeng yang dibacakannya, dan ingin membaca sendiri. Maka haleema pun mengajari anaknya mengenal huruf. “Sejak saat itu, perkembangannya pesat sekali. Semakin banyak dia mengenal kata, dia semakin suka membaca.”

Tak heran jika pada usia 2 tahun 11 bulan, Daliyah sudah lancar membaca sendiri, dan menjadi anggota perpustakaan Hall County Library di Gainesville karena semua buku cerita kanak-kanak di rumahnya sudah tamat dibaca. Menurut Haleema, dirinya mengantar Daliyah ke perpustakaan setiap hari untuk melihat dan meminjam koleksi buku terbaru.

Di usia 4 tahun, Daliyah telah membaca lebih dari 1.000 buku. Saat kabar tersebut sampai ke telinga Kepala Library of Congress, Carla Hayden, dia mengundang Daliyah untuk berkunjung ke perpustakaan terbesar di dunia tersebut serta memposting foto-foto Daliyah di akun rsmi Twitter Library of Congress.

“Dia bilang Library of Congress adalah perpustakaan favoritnya,” ujar Haleema saat diwawancarai Washington Post, seraya menambahkan bahwa saat ini Daliyah sudah mampu membaca buku untuk anak-anak berusia 10-12 tahun, dan hanya meminta bantuan jika tak memahami arti kata yang belum dikenalnya. Daliyah sangat menyukai buku tentang dinosaurus dan bercita-cita menjadi paleontologis atau ahli purbakala yang menggali fosil dinosaurus saat sudah besar nanti.

Sebagai tantangan dan untuk memuaskan nafsu membaca Daliyah yang besar, Haleema juga memberikan buku teks kuliah berjudul “The Pleasure of Books” karya William L Phelps. Menurut Haleema, Daliyah membaca buku tersebut dengan lancar, bahkan bisa membaca dan memahami kata-kata sulit seperti “punctiliousness” dan frasa “annihilates formality.” Video Daliyah membaca buku tersebut bisa disaksikan di YouTube.

Dengan memposting video Daliyah membaca buku, Haleema berharap orang tua lain juga mau mengajari anaknya membaca sejak usia dini. Berkat membaca, kosa kata Daliyah sangat kaya untuk anak seusianya. Dia juga bisa diajak berdiskusi dan mampu menyampaikan pendapatnya dengan baik. “Membaca membuat daya tangkap Daliyah sangat kuat,” pungkasnya dengan bangga. (cho)

Comments

comments