Waspada! Phising Scam Menyerbu Pemilik Akun Gmail!

0
112

PATAS.ID –  Sebuah phising scam atau tipuan untuk mengambil data pribadi kini tengah menyerbu pemilik akun Gmail. Dari beberapa sumber di forum-forum dunia maya, telah banyak korban berjatuhan. Tujuan peredaran scam ini sangat jelas, yakni menyedot semua data pribadi yang tersimpan dalam komputer kita.

Mark Maunder, Chief Executive Officer (CEO) Wordfence, mengungkapkan bahwa scam ini menyebar di Gmail serta layanan lain yang dipakainya. Dalam postingan blog-nya Maunder menyebutkan bahwa Wordfence telah mengembangkan produk keamanan untuk pangguna WordPress.

“Kami sering mengirim peringatan bagi pengguna WordPress agar berhati-hati. Sekarang, kami memperingatkan adanya phising scam ini. Waspadalah.”

Modus phising scam yang tengah beredar di Gmail ini sangat sederhana namun efektif. Penyerang akan mengirimkan email pada pemilik akun Gmail, disertai anjuran untuk mengklik gambar dalam attachment atau lampiran sebagai umpam. Saat kita menekan klik, layar baru akan terbuka dan meminta kita masuk kembali ke akun Gmail. Namun, layar baru tersebut adalah layar tipuan. Saat kita login kembalike akun Gmail, seluruh data dan informasi penting kita telah dipegang penyerang, temasuk akun Gmail kita.

Untuk mencegah hal tersebut, jangan layani permintaan untuk login kembali. Untuk memastikannya, lihat alamat yang ditawarkan akun baru tersebut dan pastikan tak ada kata-kata lain dalam bar alamat sebelum “accounts.google.com” selain “https://” dan simbol gembok. Atau lebih baik lagi jika kita tidak mengklik gambar lampiran dari pengirim yang tak kita kenal.

Selain menyasar data komputer, scam ini juga menyasar aplikasi berbasis cloud dan layanan lain yang membutuhkan password serta memiliki data penting yang bisa dimanfaatkan untuk kejahatan cyber. Dan karena tak ada cara lain untuk mencegah penyebaran phising scam selain perilaku kita sendiri, maka sebaiknya kita berhati-hati dan selalu waspada saat  berada di dunia maya. (cho)

Comments

comments