KTM RC 390 dan RC 200 Meramaikan Pasar Sepeda Motor 2017

0
253

INDIA, patas.id – Bajaj Auto yang memiliki 49 persen saham perusahaan sepeda motor Austria KTM, meluncurkan varian baru KTM RC 390 dan RC 200 dengan beragam fitur tambahan. Varian ini akan dijual di 125 outlet yang tersebar di dunia, termasuk Indonesia.

Sejak perusahaan yang bermarkas di Pune, India, ini bermitra dengan KTM pada Januari 2012, perusahaan telah menjual lebih dari 1 juta unit sepeda motor KTM di seluruh dunia. Amit Nandi, Presiden Probiking di Bajaj Auto mengungkapkan bahwa divisinya menargetkan peningkatan jumlah outlet hingga mencapai 450 outlet di tahun 2018 untuk menggenjot pemasaran.

Probiking adalah divisi marketing Bajaj Auto yang secara khusus mengembangkan sepeda motor racing dan sport. Sejauh ini, penjualan Probiking Bajaj Auto meningkat sebesar rata-rata 4,3 persen per tahun, ungkap Nandi. Tahun ini, untuk kedua kalinya, Probiking mencoba masuk pasar Indonesia.

Menurut Nandi, respon yang didapat Probiking dari pasar Indonesia sekarang ini sangat positif dan menggembirakan, jauh lebih baik daripada upaya pertama kali saat memperkenalkan Pulsar pada tahun 2005 lalu. Kegagalan Pulsar tersebut diakuinya menjadi bahan pelajaran yang berharga.

“Untuk varian KTM RC 390 dan RC 200, kami bersaing dengan Yamaha R3, Ninja 300, serta Honda CBR 250R. Namun melihat respon yang baik tadi, kami yakin bisa menjual antara 5.000-10.000 varian ini di Indonesia.”

Salah satu pelajaran berharga yang diambil dari respon negatif pasar Indonesia terhadap Pulsar adalah bahwa setiap pasar memiliki karakterisik yang berbeda satu sama lain. Kesalahan Pulsar, tutur Nandi, bukanlah pada produknya, melainkan pada merk “Bajaj” yang disandangnya.

“Orang Indonesia cenderung memilih merk Jepang dan merk asing lain dalam membeli sepeda motor dan mobil. Saat meluncurkan Pulsar dari Bajaj, kami pikir bisa menyusup masuk ke pasar Indonesia, tapi ternyata salah. Namun penjualan dengan merk KTM ternyata berhasil. Jadi, kami akan mencoba sekali lagi tahun ini.” (cho)

Comments

comments