Juventus Ganti Logo Klub, Suporter Kecewa

0
461

TURIN, patas.id – Klub Italia Juventus baru saja mengganti logo klub mereka. Namun suporter menganggap pergantian logo tersebut semacam gol bunuh diri yang bikin kecewa. Pasalnya, logo baru tersebut dianggap menghilangkan elemen-elemen lama yang telah dianggap identik dengan Juventus.

Penggantian logo klub dilakukan di Museo Nazionale della Scienza e della Tecnologia Leonardo Da Vinci di Milan. Manfredi Ricca, Kepala Bagian Strategi di perusahaan Interbrand, mempersembahkan logo tersebut dan menyebutnya sebagai sesuatu yang baru di dunia olahraga. Logo baru ini diberi nama “Black and White and More“.

“Tak ada klub di Eropa yang mampu menyatukan olahraga dan filosofi seperti yang terdapat dalam logo baru ini. Jika ada yang mampu, itu adalah Juventus. Logo ini melambangkan ambisi dan kehebatan yang menginspirasi. Identitas visual ini dirancang untuk membawa Juventus menuju semangat dan harapan baru.”

Logo Juventus sebelumnya terdiri dari unsur-unsur silhuet banteng berdiri, sebuah mahkota, garis-garis hitam putih, serta nama klub yang digarisbawahi dengan warna kuning. Logo tersebut telah dipakai sejak 2004. Untuk logo baru, Juventus yang bekerja sama dengan Interbrand ini menghilangkan semua elemen lama. Dalam logo baru, hanya terdapat dua unsur serupa huruf “J” yang terdapat di bawah nama klub.

Didirikan tahun 1897, Juventus F.C. yang berjuluk I Bianconeri atau “Si Hitam Putih” adalah salah satu klub tersukses dunia dan memiliki jutaan suporter fanatik dari berbagai negara. Penggantian logo klub tentu saja mengundang komentar dari para suporter Juventus. Mereka mengungkapkannya melalui status di media sosial. Sebagian besar mengganggap bahwa logo baru Juventus sangat berbau bisnis.

“Logo baru ini mengesankan bahwa Juventus adalah sebuah merk dan kita bukan lagi suporter, malainkan pelanggan,” keluh pemilik akun @JuventusCrazy. Namun beberapa suporter lain yang lebih humoris, mengatakan bahwa mereka akan mencukur cambang mereka agar menyerupai logo baru tersebut.

Kecurigaan @JuventusCrazy mungkin benar adanya. Dalam peluncuran logo baru tersebut, Manfredi Ricca juga mengungkapkan bahwa logo ini memang sengaja dibuat untuk membantu klub agar bisa merambah bisnis lain yang tidak banyak berhubungan dengan sepakbola. Oleh karena itu, unsur-unsur dalam logo klasik sebelumnya sengaja dihilangkan. (cho)

Comments

comments