10 Tanda Komputer Terkena Virus

0
46

PATAS.ID – Pengguna komputer seringkali disarankan agar memasang antivirus di komputer mereka sebagai tindakan pencegahan dan perlindungan sistem komputer saat virus menyerbu. Namun di jaman cyber-crime seperti sekarang, hal tersebut tidaklah cukup. Virus datang dan menggerogoti sistem komputer kita secaraperlahan sehingga seringkali kita tak sadar.

Apa saja tanda-tanda yang bisa memperlihatkan bahwa ada virus yang sedang menyerang komputer kita? Ini dia:

  1. Komputer jadi lemot alias lamban. Ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dan serangan virus adalah salah satunya. Virus berupa worm atau Trojan bisa menggerogoti kecepatan karena menjalankan tugas virus mereka dengan mengonsumsi energi sehingga membuat kinerja komputer jadi lamban.
  2. Komputer memberi pengumuman. Kemunculan pesan-pesan pop-up (yang datang begitu saja) berupa iklan atau pemberitahuan bahwa komputer terinfeksi dan butuh proteksi. Pengumuman-pengumuman semacam ini menandakan adanya serangan dari antivirus palsu. Dalam dunia informasi teknologi, antivirus palsu ini disebut “rogueware“.
  3. Aplikasi tak berjalan. Pernahkan memilih aplikasi A dalam start menu, mengklik ikon, dan aplikasi tersebut tetap tak berjalan? Terkadang saat mengklik aplikasi A, justru aplikasi B yang berjalan. Ini bisa menandakan banyak hal, dan serangan virus adalah salah satunya.
  4. Koneksi internet berjalan lamban. Selain akibat masalah dengan provider atau router, koneksi lamban juga bisa menandakan adanya virus. Jika komputer kita terinfeksi, malware bisa menghubungkan diri dengan Uniform Resource Lokator (URL) atau alamat website dan membuat sambungan sendiri sehingga kapasitas bandwidth kita berkurang atau bahkan tak terhubung dengan internet sama sekali.
  5.  Saat terkoneksi dengan internet, muncul tab atau browser asing yang tak kita buka alamatnya. Ini juga menandakan adanya infeksi virus. Banyak virus dirancang untuk menghubungkan koneksi internet kita dengan website tertentu yang tak kita inginkan, bahkan masuk ke dalam website palsu yang kita kira adalah website sebenarnya.
  6. Arsip data menghilang. Data adalah hidup kita. Jika data-data mulai hilang dari komputer tanpa alasan yang jelas, waspadalah. Beberapa virus dirancang untuk mengenkripsi atau menghapus data kita sembarangan, atau memindahkan dokumen dari satu tempat ke tempat lainnya.
  7. Antivirus kita menghilang, firewall kita jadi berstatus disabled.  Salah satu ciri adanya serangan virus adalah tak berfungsinya  sistem keamanan yang dipasang di komputer kita (antivirus, firewall, dll).  Jika salah satunya mati, kita bisa berkesimpulan ada kesalahan pada software. Namun jika semua komponen keamanan kita tak berjalan, besar kemungkinan virus telah menyerang.
  8. Komputer mengeluarkan bahasa aneh. Jika bahasa aplikasi terada berbeda, layar terbalik, tulisan hanya bisa dibaca dari kanan ke kiri, dan beragam masalah bahasa lainnya, maka artinya virus tengah mengunyah sistem komputer kita.
  9. File untuk menjalankan program, gim, aplikasi, dlsb tiba-tiba hilang dari komputer. Ini bisa diakibatkan oleh proses intalasi yang salah atau kesalahan software. Namun, bisa juga karena ada virus.
  10. Komputer seolah gila. Jika komputer mulai bertindak semaunya sendiri, mengirim e-mail, membuka program, aplikasi atau website tertentu tanpa diperintah, berhati-hatilah. Itu virus, tentu saja.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Tentu saja kita harus segera menginstal antivirus yang lebih kuat. Namun jika kita tak bisa mengerjakannya sendiri, serahkan pada ahlinya dan cobalah menyelamatkan data sebanyak yang kita bisa. (cho)