Gelar Operasi Pasar, Bulog Batasi Pembelian Cabai Maksimal 4 Ons

0
206
OPERASI PASAR BERAS

CIANJUR, patas.id – Bulog Subdivre Cianjur bersama Dinas Koperasi UMKM Perindustrian‎ dan perdagangan Kabupaten Cianjur menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di Kantor Bulog, Selasa (17 Januari 2017). Cabai dan kebutuhan pokok seperti beras dan minyak menjadi barang yang disediakan dalam operasi pasar tersebut.

Dalam operasi pasar ini, cabai rawit dijual per 100 gram atau per satu ons dalam plastik bening. Satu ons cabai rawit merai itu dijual dengan harga mencapai Rp 8.000 atau Rp 80 ribu per kilogram. Harga cabai dalam operasi pasar ini lebih murah dibanding harga per ons di pasaran. Di sejumlah pasar di Cianjur, harga cabai merah memang masih tinggi, yakni, pada kisaran Rp 140.000 per kilogram, atau Rp 14.000 per ons.

Selain cabai rawit merah, operasi pasar ini juga menjual cabai keriting dengan harga yang juga miring, yakni, Rp 4.000 per ons atau Rp 40 ribu per kilogram. Harga ini lebih murah dibandingkan harga cabai keriting tersebut di pasar yang mencapai Rp 80.000 per kilogram atau Rp 8.000 per ons. Selain itu, Bulog juga menyediakan bahan pokok, di antaranya minyak goreng seharga Rp 12.000 per liter, gula pasir Rp 12.500 per kilogram, dan beras Rp 39.500 per 5 kilogram.

Wakil Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre Cianjur, Junaidi mengatakan, penjualan cabai rawit merah dalam operasi pasar murah (OPM) di halaman kantor Bulog Subdivre Cianjur, di Jalan Dr Muwardi hanya dilakukan kepada warga.

“Kami mencegah spekulan datang membeli cabai dan menjualnya dengan harga mahal lagi, karenanya pembeli dibatasi hanya warga biasa.”

Kepala Seksi Pelayanan Publik pada Kantor Bulog Subdivre Cianjur, Supiarna, mengatakan pembatasan juga dilakukan untuk pembelian cabai. Setidaknya, seseorang bisa membeli cabai maksimal empat kantong plastik, atau seberat 4 ons. Meski begitu, warga tidak perlu khawatir kehabisan cabai sebab stok mencukupi. “Stok memang tidak disimpan di Kantor Bulog secara sekaligus sebab dikhawatirkan cabai cepat membusuk,” kata dia.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabpaten Cianjur, Himam Haris, menuturkan adanya OPM diharapkan bisa menekan harga cabai di pasaran. “Tentu diharapkan bisa normal. Tidak sampai harga Rp 80 ribu apalagi di atas Rp 100 rib per kilogram,” tandasnya. (isl)

Comments

comments