Pemuda 19 Tahun Menciptakan Pistol Pintar

0
214

COLORADO, patas.id – Seorang mahasiswa Massachusettes Institute of Technology (MIT) bernama Kai Kloepfer (19 tahun), berhasil menyempurnakan rancangan pistol pintarnya yang revolusioner dan diharapkan mampu menyelamatkan ratusan nyawa orang tak berdosa.

Pistol pintar atau Smartgun karya Kloepfer didesain hanya untuk bisa ditembakkan oleh pemiliknya yang sah karena dioperasikan dengan identifikasi sidik jari. Kloepfer mengaku trenyuh oleh ribuan kasus bunuh diri, perampokan disertai ancaman, pembunuhan, serta penembakan massal yang terjadi di Amerika, yang dilakukan dengan memakai pistol milik orang lain atau yang tak terkoneksi secara online sehingga sulit dilacak.

Pistol kaliber .44 kali ini merupakan perbaikan dari prototipe .22 yang sebelumnya dianggap kurang memuaskan dari segi akurasi dan kecepatan. Protipe terbaru bisa membuka kunci pistol hanya dalam waktu 0,5 detik dan mengunci lebih cepat lagi. Seperti ponsel pintar, pistol ini pun menggunakan baterai yang harus diisi ulang setahun sekali.

Namun, niat baik Kloepfer tidak diterima baik oleh semua pihak. Presiden Persatuan Menembak Nasional Amerika, Stephen Sanetti, mengungkapkan kekhawatirannya soal smartgun yang menurutnya merepotkan karena baterainya harus diisi ulang.

“Tak semua niat baik menghasilkan penemuan yang baik. Pistol dibeli agar berfungsi. Dan pistol tak sama dengan ponsel. Jika baterai ponsel habis, kita mungkin merasa sedih. Tapi kalau baterai pistol mati, kita mempertaruhkan nyawa kita.”

Kloepfer mengaku memiliki ide mengenai smartgun sejak berumur 15 tahun karena menyadari banyaknya masalah yang ditimbulkan oleh kekerasan senjata api. Selama 3 tahun pertama, Kloepfer melibatkan diri dalam diskusi-diskusi mengenai senjata api, menghubungi media, serta memaparkan gagasannya pada siapa saja yang mau mendengar. Prototipe smartgun pertama dibuatnya di rumah orang tuanya di Boulder, Colorado. Tak lama setelah prototipe pertama selesai, dia menerima dana investasi dari Ron Conway, yang juga merupakan investor Google dan Facebook. (cho)

 

 

Comments

comments