10 Jalur KA dengan Pemandangan Paling Indah Sedunia

0
43

PATAS.ID – Meskipun tak ada yang menandingi keindahan alam Indonesia tercinta, namun ada 10 pemandangan indah yang kemudian dijadikan trayek pariwisata oleh negara-negara berikut ini karena kebetulan lokasinya dilalui jalur kereta api. Tentu saja kita bisa mencontohnya dengan menjadikan wilayah sepanjang jalur kereta api tetap asri dan terawat sehingga membuat wisatawan ingin menikmatinya. Ke-10 jalur KA dengan pemandangan paling indah tersebut adalah:

KA The Jacobite, jurusan Fort William-Malaig di Skotlandia. Dengan jarak tempuh 135 kilometer, The Jacobites menyusuri dataran tinggi indah Skotlandia, termasuk melewati Glenfinnan Viaduct, jembatan yang beberapa kali nongol dalam film Harry Potter.

The Transiberian Railway, jurusan Moskow-Vladivostok di Rusia. Transiberian merupakan KA dengan jarak tempuh terpanjang di dunia karena menghubungkan Rusia, Mongolia, serta Cina. Rute sejauh 9.258 kilometer untuk jalur KA ini dibuat 100 tahun lalu dengan jumlah pekerja mencapai 90.000 orang. Di jalur Moskow-Vladivostok, terdapat pemandangan yang luar biasa indah.

Qinghai-Tibet Railway, jurusan Beijing-Lhasa, di Cina. Kereta api ini melewati jalur tertinggi di dunia, yakni 5.068 meter di atas permukaan laut. Selain melewati wilayah beku, di ketinggian ini kadar oksigen sangat tipis sehingga sebagian wisatawan menganggapnya sangat menantang. Tentu saja, pemandangannya pun indah sehingga perjalanan sejauh 3.753 kilometer mungkin takkan terasa lama.

Kalka Shimla Railway, jurusan Kalka-Shimla di India. Yang membuar jalur kereta ini istimewa adalah karena melewati pegunungan Himalaya yang indah. Tak hanya itu. Meskipun rutenya hanya sejauh 95 kilometer, namun KA ini melewati 102 terowongan dan 889 jembatan! Jalur ini dilindungi UNESCO sebagai situs bersejarah dunia.

Cussco-Machu Picchu, di Peru. Jalur KA berjarak tempuh 89 kilometer ini melewati stasiun yang jauhnya hanya sekitar 8 kilometer dari situs purbakala Machu Picchu. KA ini biasanya mengangkut wisatawan yang tertarik pada sejarah atau pendaki gunung yang ingin menjajal pegunungan Andes.

Indian Pasific, jurusan Sydney-Perth di Australia. KA dengan jarak tempuh sejauh 4.352 kilometer, KA ini memiliki salah satu jalur terpanjang di dunia, melewati gunung, gurun, serta kota-kota hantu yang membuat kita seakan bertualang ke negeri antah berantah.

 

Train To The Clouds, jurusan Salta-Polvorilla di Argentina. KA dengan jarak tempuh 434 kilometer ini meluncur di ketinggian 4.200 meter di atas permukaan laut, melewati 29 jembatan termasuk melewati jembatan lengkung Polvorilla, 21 terowongan, 2 kelokan spiral dan 2 kelokan zigzag. Seru!

Tokaido Shinkansen, jurusan Tokyo-Kyoto di Jepang. Urusan kereta api, Jepang sepertinya nomor satu. Dengan jarak tempuh sejauh 513 kilometer, perjalanan dijamin takkan terasa membosankan karena melewati kaki Gunung Fuji yang selalu tertutup salju.

The Rocky Mountaineer, jurusan Vancouver-Banff di Kanada. Jalur sepanjang 847 kilometer ini begitu indahnya sehingga atap kereta terpaksa dibuat dari kaca agar penumpang bisa melihat betapa indahnya julang bebatuan di Pegunungan Rocky. Selain itu, jalur ini juga melewati terowongan spiral yang mendebarkan hati.

Venice-Simplon Orient Express, jurusan London-Venice. KA Orient bisa jadi merupakan kereta paling terkenal di dunia sebab sering menjadi setting film-film Holywood dan Eropa. Menempuh jarak sejauh 1.554 kilometer, kereta ini menawarkan kabin eksklusif bernuansa jadul, lengkap dengan pelayan pribadi, serta melewati lanskap terindah di 4 negara, yaitu Inggris, Perancis, Swiss serta Italia. (cho)