Bus Kebun: Sumbangan Madrid untuk Lingkungan

0
216
LEAD Technologies Inc. V1.01
LEAD Technologies Inc. V1.01

MADRID, patas.id – Sebagai kota maju yang berwawasan lingkungan, baru-baru ini Dewan Kota Madrid, Spanyol, mengungkapkan rencana untuk menghijaukan setiap bus yang lalu-lalang di dalam kota dengan cara menanam kebun di setiap atapnya. Program yang dinamakan “Muévete en verde” atau “Seluncur Hijau” ini dibuat untuk mengurangi emisi CO2 atau karbondioksida yang berbahaya bagi lingkungan.

Program “Muévete en verde” dipilih dari sekitar 800 program yang diajukan untuk memperindah pemandangan kota.  Biaya untuk membuat satu bus kebun diperkirakan sebesar €2.500 atau sekitar 35 juta rupiah. Meskipun terbilang mahal, walikota terpilih Madrid, Manuela Carmena, menuturkan bahwa dirinya siap mendukung program berwawasan lingkungan ini.

Pimpinan program, Jose Antonio Antona, menjelaskan bahwa setiap kebun akan dirancang secara khusus dan dibuat dari bahan-bahan yang telah dipersiapkan secara teliti.

“Gagasan utama program ini adalah untuk meredam kebisingan, meredam panas, serta mencegah polusi. Setiap kebun akan dibangun dari jaring baja yang tahan lama, tahan guncangan, serta menggunakan sistem irigasi khusus yang dijamin takkan bocor.”

Program ini akan terlebih dahulu diujicobakan pada bus trayek 27 dan 34. Kedua trayek bus tersebut merupakan trayek paling sibuk yang melayani sekitar 17 juta warga kota Madrid setiap tahunnya.

Proyek bus kebun ini merupakan salah satu program berwawasan lingkungan yang diusung pemerintah kota Madrid. Sebelumnya, pada perayaan Natal, pemerintah kota juga melarang kendaraan memasuki wilayah Gran Via, yakni ruas jalan ramai yang padat oleh pusat-pusat perbelanjaan. (cho)

 

 

Comments

comments