35 Pengunjung Klub Tewas di Malam Tahun Baru

0
118

TURKI, patas.id — Sebuah klub malam di Istanbul, Turki, diberondong tembakan oleh orang-orang bersenjata senapan Kalashnikov buatan Rusia. Setidaknya 35 orang tewas dan 40 lainnya menderita luka-luka dalam insiden yang terjadi di acara malam perayaan tahun baru, Minggu (1 Januari 2017) pukul 01.15 waktu setempat.

Para penembak yang dikabarkan berpakaian Santa Klaus tersebut menyerbu klub malam Reina, dimana sebanyak kurang lebih 600 orang pengunjung sedang berkumpul untuk merayakan pergantian tahun. Salah satu penyerang dikabarnya terlebih dahulu melumpuhkan petugas polisi yang berjaga di luar kemudian menyerbu masuk ke dalam klub dan secara membabi buta menembaki pengunjung.

Klub Reina adalah sebuah klub yang menghadap ke arah Teluk Bosporus yang memisahkan Eropa dan Asia. Saat penembakan terjadi, beberapa pengunjung terpaksa melompat ke teluk untuk menyelamatkan diri.

Pemilik klub, Mehmet Kocarslan, mengungkapkan bahwa klubnya telah menyiapkan pengamanan ketat selama 10 hari terakhir. Menurut Kocarslan, petugas inteligen Amerika Serikat sebelumnya telah memberikan peringatan akan terjadi penyerangan.

Amerika Serikat sendiri langsung bereaksi dengan mengutuk serangan di klub Reina tersebut dengan istilah “serangan teror yang mengerikan”.  Juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Ned Price, mengungkapkan kepada AFP bahwa peristiwa tersebut memaksa Amerika Serikat  mempertegas hubungannya dengan Turki.

“Bersama sekutu NATO kami bersama untuk menghadapi dan mengalahkan semua bentuk teror.”

Sementara itu rekaman televisi saluran Turki, NTV, memperlihatkan lusinan ambulan bergegas datang sesaat setelah penembakan terjadi, sementara puluhan orang berhamburan keluar dari klub. Hingga saat ini. pihak kepolisian Turki masih mencari pelaku penembakan yang menurut saksi mata berjumlah 3 orang. (cho)

Comments

comments