25 Kota Terbersih Dunia 2016 (Bagian II)

0
277

Berikut ini adalah daftar “25 Kota Terbersih Dunia 2016”, disertai foto dan keterangan mengenai upaya pemerintah setempat untuk meraih predikat bergengsi tersebut. Bahkan di ruang-ruang publik dimana warga berkumpul, tak terlihat adanya ceceran sampah berserakan. Tak heran jika kemudian kota-kota bersih ini menjadi tujuan wisata dunia karena membuat wisatawan betah.

Brisbane (Australia)

Kebanyakan kota-kota di Australia memiliki lingkungan yang bersih dan nyaman dengan tingkat pencemaran udara dan air yang rendah. Namun yang membuat kota Brisabane menonjol dari kota lainnya adalah fakta bahwa kota ini dihuni oleh 2,3 juta penduduk yang tentunya tak mudah untuk dikelola. Brisbane memiliki taman-taman yang luas dan indah, kebun-kebun botani, serta arena rekreasi yang berwawasan lingkungan.

Portland, Oregon (Amerika Serikat)

Dijuluki sebagai “Kota Mawar”, Portland dianggap sebagai kota berwawasan lingkungan karena jalan-jalannya ramah bagi pedestrian. Pemerintah menganjurkan warga Portland untuk bersepeda dan menanam tumbuhan yang bisa dikonsumsi sendiri agar lebih sehat. Selain itu, portland memiliki taman seluas 4.000 hektar serta sarana transportasi publik yang beragam.

Stockholm (Swedia)

Stockholm adalah ibukota negara terbersih di dunia. Pada tahun 2010, Stockholm meraih penghargaan European Green Capital dari the Uni Eropa. Untuk meraih penghargaan bergengsi ini, sebuah kota harus bisa memenuhi syarat-syarat yang sangat berat mencakup inovasi perubahan iklim, sistem transportasi lokal, kualitas dan kuantitas taman, kualitas udara, tingkat pencemaran suara, sistem pengelolaan limbah, kualitas tanah, dan lain sebagainya.

Nottingham (Inggris)

Inggris memiliki banyak kota yang berwawasan lingkungan. Salah satunya adalah adalah kota Nottingham yang berada di Inggris Sentral. Dalam satu dekade terakhir, pemerintah Nottingham berjuang keras memerangi masalah sampah dan grafitti yang mengotori pemandangan kota. Hasilnya luar biasa. Tahun 2014, Nottingham mendapat predikat sebagai “Britain’s Cleanest City”.

 Kobe (Jepang)

Kota ini dianggap sebagai kota terbersih di Jepang. Salah satu program unggulan pemerintah Kobe yang berhasil diterapkan adalah sistem pembuangan sampah yang luar biasa efektif dan efisien. Selain itu, warga Kobe sangat sadar lingkungan dan ketat menjaga kebersihan jalan-jalan di wilayah rumah seperti menjaga tubuh sendiri. Hasilnya, meskipun kota ini dipadati 1,5 juta jiwa, namun suasananya selalu terasa nyaman dan sehat berkat lingkungan kota yang terawat serta jumlah taman yang banyak.

Luxembourg City (Luxembourg)

Luxembourg City dijuluki “Green Heart of Europe” atau “Jantung Hijau Eropa” berkat alamnya yang asri. Kota ini terkenal karena kastil-kastil dan hutan-hutan tua di wilayahnya terawat baik. Kota ini meraih juara ketiga “Kota Terbersih Dunia” tahun lalu.

Calgary (Kanada)

Selama beberapa tahun terakhir, Calgary selalu masuk ke dalam kategori kota terbersih dunia. Ini masuk akal, karena warga setempat selalu menaati program 5 Prinsip Dasar Lingkungan yang dicanangkan pemerintah. Prinsip dasar tersebut meliputi: Kualitas Sistem Pembuangan Air, Ketersediaan dan Kelayakan Air Minum, Sistem Pembuangan dan Daur Ulang Sampah, Aturan berkendara, serta Polusi Udara.

Singapura (Singapura)

Singapura terkenal sebagai kota yang menerapkan aturan sangat ketat terkait lingkungan dan kebersihan kota, termasuk larangan mengunyah permen karet. Hampir 10% lahan kota Singapura dijadikan taman dan reservasi alam. Pemerintah pun gencar menggalakkan kampanye tanam pohon untuk meningkatkan kualitas hidup warga.

Curitiba (Brasil)

Meskipun Brasil tidak dikenal sebagai negara yang bersih, namun kota Curitiba adalah pengecualian. Di kota ini, pemerintah mendorong warganya untuk menjaga kebersihan dengan cara memberikan tiket bis atau kupon makan gratis bagi warga yang “menyumbang” kantong sampah yang telah dipilah sesuai jenisnya. Akibat kebijakan brilian ini, 70% sampah kota bisa didaur ulang. Jika dihitung, kertas daur ulang Curitiba yang diproduksi di Curitiba bisa menyelamatkan 1.200 pohon dalam sehari. Luar biasa.

25 Kota Terbersih Dunia 2016 (Bagian I)

25 Kota Terbersih Dunia 2016 (Bagian III)

Comments

comments