Dihadang Hujan, Tingkat Kunjungan Gunung Padang Menurun

0
125

CIANJUR, patas.id – Tingkat kunjungan‎ wisatawan ke Situs Gunung Padang diprediksi meningkat dalam momentum libur panjang sekolah dan tahun baru. Namun, hujan yang terus mengguyur Cianjur menyebabkan turunnya tingkat kunjungan per bulannya.

Juru Pelihara Situs Gunung Padang, Nanang, mengatakan bahwa momentum libur panjang biasanya menjadi pertanda musim kunjunganwisatawan yang membludak ke situs megalitikum tersebut. Seperti halnya saat menjelang Natal kemarin, peningkatan wisatawan sudah terlihat meskipun tak signifikan.

“Biasanya 200 wisatawan per hari, saat dua hari sebelum ‎Natal ada peningkatan menjadi 300 wisatawan per hari,” kata dia, Senin (26 Desember 2016).

Menurut Nanang, peningkatan akan terus terjadi menjelang momen pergantian tahun. Di sejumlah media sosial, ramai orang ingin berdatangan ke Situs Gunung Padang, terutama wisatawan dari luar kota.

“Biasanya yang datang saat libur panjang itu berasal dari Jakarta dan Bandung serta dari wilayah lain se-Indonesia. Beberapa hari lalu juga ada turis dari Amerika Serikat dan Inggris. Mereka ingin melihat Gunung Padang dan mengetahui sejarahnya.”

Warga setempat, lanjut Nanang, sudah melakukan sejumlah persiapan, di antaranya menyediakan rumah singgah bagi wisatawan luar kota dan luar negeri. “Sekarang sudah mulai lengkap, rumah singgah banyak, termasuk restoran yang bernuansa khas Sunda,” kata dia.

Sayangnnya, ungkap Nandang, meskipun di hari-hari tertentu pengunjung meningkat, tapi secara akumlasi per bulan, tingkat kunjungan menurun dari biasanya.

“Kalau biasanya ada 7.000 sampai 8.000 pengunjung. Tapi untuk di bulan-bulan ini hanya 5.000 sampai 6.000 pengunjung. Itupun kebanyakan dari wilayah Cianjur.”

Hujan deras yang mengguyur Cianjur hampir setiap hari, tutur Nanang, menjadi penyebab menurunnya tingkat kunjungan per bulan. “Orang kadang malas untuk berwisata ke alam kalau musim hujan. Tapi semoga menjelang tahun baru ada peningkatan signifikan,” kata dia. (isl)

 

Comments

comments