Pasar Kembang Api Meledak, 29 Tewas

0
263

MEKSIKO, patas.id – Sebanyak 29 korban tewas dan lebih dari 70 mengalami luka-luka usai terjadinya ledakan di pasar kembang api San Pablito, Tulepec, Meksiko. Rangkaian ledakan terjadi pada Selasa (20 Desember 2016) pukul 14.50 waktu setempat.

Salah seorang warga setempat, Alejandra Pretel, bercerita bahwa awalnya hanya terdengar ledakan biasa yang dikiranya berasal dari salah satu bengkel kerja kembang api di pasar. Namun ledakan tersebut disusul ledakan lain yang lebih dahsyat, orang-orang mulai berteriak dan berlarian. Asap kelabu membubung ke udara diiringi ledakan-ledakan keras bertubi-tubi.

Suara ledakan terdengar hingga kota tetangga, Cacalco dan Tultitlan. Selain memporakporandakan pasar, ledakan tersebut juga menghancurkan sebagian besar rumah yang berada di dekat pasar.

Tultepec dikenal sebagai kota industri kembang api. Setiap tahun, kota tersebut mengadakan festival kembang api selama sembilan hari berturut-turut untuk memamerkan keistimewaan masing-masing produsen kembang api sekaligus menjadi ajang hiburan bagi wisatawan.

Pada saat ledakan terjadi kemarin, pasar sedang membludak oleh pengunjung yang berniat membeli kembang api untuk perayaan Natal dan Tahun Baru. Seperti halnya negara Amerika Latin lain, orang Meksiko sangat menyukai pesta kembang api dalam perayaan-perayaan.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto menyatakan rasa simpati dan ucapan bela sungkawa untuk keluarga korban yang tewas serta mendoakan kesembuhan bagi mereka yang cedera. Menurut sejumlah ahli medis yang diturunkan, kebanyakan korban cedera menderita luka bakar percikan api serta mengalami gangguan pernafasan akibat asap tebal.

Jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah karena tim penyelemat hingga saat ini masih melakukan pencarian sementara 10 ambulan dan 50 paramedis bersiaga di lapangan. (cho)

Comments

comments