Disdukcapil Pesimistis Target Perekaman e-KTP Selesai Tahun Ini

0
198

CIANJUR, patas.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, pesimistis bisa menyelesaikan target perekaman KTP di akhir 2016. Pasalnya dari target 200 ribu wajib KTP, baru 61 ribu yang melakukan perekaman.

‎Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Ginanjar, mengatakan, ‎masih ada 139 ribu wajib KTP lainnya yang menjadi target untuk dilakukan perekaman.

“Dengan waktu yang hanya kurang dari 20 hari rasanya tidak mungkin diselesaikan seluruhnya,” kata dia, Rabu (14 Desember 2016).

Menurutnya, banyak kendala yang dialami, di antaranya antrean yang menumpuk dan tidak tersedianya blanko, sehingga pencetakan akan tertahan hingga awal tahun depan.

“Cuaca dan infrastruktur memang jadi salah satu faktor masih banyak warga yang tak melakukan perekaman. Apalagi dengan tidak bisanya mencetak, warga banyak yang menunggu hingga ada blanko,” kata dia.

Tidak hanya itu, pola pikir warga Cianjur juga masih terpaku membuat KTP jika membutuhkan untuk pelayanan lain, seperti ke Bank, membuat SIM, atau lainnya. Padahal identitas kependudukan harus ada meski tak dibutuhkan untuk layanan lainnya.

“Ini yang coba kami ubah, pola pikir yang sudah tertanam ini yang sulit hilang. Tapi kami coba terus sosialisasikan,” kata dia.

Ginanjar menambahkan, program Saba Lembur juga menjadi pendorong capaian perekaman, di pekan ini pun ada 1.000 warga yang melakukan perekaman. “Kami sinkronkan dengan program bupati, meski pada akhirnya tak maksimal, kami sudah berusaha maksimal,” kata dia.(isl)

Comments

comments