‎Ingin Bandara, DPRD Cianjur Curhat ke Kemenhub

0
265

CIANJUR – Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur tampaknya serius untuk mengusulkan pembuatan bandara di Cianjur. Bakal meningkatnya tingkat kunjungan wisata ke Cianjur, menjadi alasan utama keinginan adanya bandara di Kota Santri.

Sejak Rabu (14 Desember 2016) hingga Kamis (15 Desember 2016), Komisi III pun berada di Jakarta untuk berkomunikasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan terkait rencana pembuatan bandara.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur, Sahli Saidi, mengatakan, pihaknya datang dengan didampingi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cianjur. Adanya rencana pembangunan bandara di Sukabumi, Garut, dan Pangandaran pun menjadi dorongan Cianjur untuk turut mengajukan pembangunan bandara.

“Dari beberapa daerah yang direncanakan akan dibangun bandara tersebut, belum ada satupun yang respon atau datang ke kementrian guna menindaklanjuti hasil penilaian Kementrian Perhubungan,” kata dia saat dihubungi, Kamis (15 Desember 2016).

Menurutnya, jika sudah ada respon dari daerah ke pusat, selanjutnya akan dilakukan peninjauan dan pemeriksaan lokasi. Jika dianggap cocok, di Cianjur juga dapat didirikan bandara. “Di Cianjur bisa dibangun, dengan syarat tersedia lahan seluas 150 sampai 200 hektar. Baru bisa dibuatkan,” kata dia.

Sahli mengatakan, kedatangan DPRD dan Bappeda Kabupaten Cianjur menjadi salah satu upaya yang serius dalam perencanaan pembangunan bandara. Namun untuk merealisasikannya perlu ada surat permohonan langsung dari Bupati Cianjur kepada Kementrian Perhubungan.

“Tinggal menunggu bupati melayangkan surat ke Kementrian Perhubungan, sekaligus mengisi data yang lengkap tentang rencana pembangunan dan lokasi bandaranya. Jika suratnya udah masuk, dilanjutkan menunggu jadwal Kementrian Perhubungan datang ke Cianjur untuk mengecek lokasinya,” kata dia

Menurut dia, banyak keuntungan yang didapat Cianjur dengan adanya bandara. Di antaranya mengembangkan sektor pariwisata dan meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Santri.

‎”Apalagi di cianjur tempat wisatanya udah terkenal, seperti Gunung Padang yang sangat diminati wisatawan asing. Tetapi karena terkendala dengan kemacetan menuju Cianjur, wisatawan malas untuk datang. Makanya ketika ada bandara pasti wisatawan pada berbondong-bondong ke Cianjur,” tandasnya.(isl)

Comments

comments