Ini Kata Wabup Soal Penyertaan Modal untuk Perumdam

0
171

CIANJUR, patas.id – Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman menilai masih banyak warga di Cianjur yang belum menikmati air bersih. Oleh karena itu, menurutnya, perlu ada penyebaran jaringan dari Perumdam Tirta Mukti Cianjur untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga yang belum terfasilitasi.

“Persentasenya masih jauh. Di bawah 50 persen penerima air bersih di Cianjur,” kata dia saat ditemui usai Sidang Paripurna, Rabu (7 Desember 2016).

Menurutnya, mayoritas warga di Cianjur ‎menggunakan air sumur. Sayangnya sumur tersebut lokasinya berdekatan dengan kolam penampungan air sungai, sehingga tidak terjamin kualitasnya.

“Kehigienisannya patut dipertanyakan, makanya harus ada perluasan pelayanan air bersih dri Perumdam. Terutama di wilayah Cianjur selatan,” kata dia.

Untuk mendukung perluasan itu, lanjut dia, perlu adanya penyertaan modal bagi PDAM, sehingga Raperda tentang penyertaan Modal mesti segera ditetapkan.

“Kalau hanya mengandalkan dari PDAM tidak akan sanggup. Kami pun ada program gratis pasang bagi warga miskin dan ibu hamil, sampai sekarang masih berjalan, tapi perlu adanya tambahan dana,” kata dia.

‎Direktur Utama Perumdam Tirta Mukti, Budi Karyawan, mengatakan, saat ini jumlah pelanggan Perumdam mencapai 50 ribu dengan jumlah warga yang terlayani ialah 200 jiwa. Jika diberi modal, pihaknya akan meningkatkan pelanggan di tahun depan menjadi 75 ribu dengan 350 jiwa yang terfasilitasi.

“Aakses akan kami perluas, terlebih di 7 cabang baru, yakni Cidaun, Campaka, Sindangbarang, dan lainnya. Makanya kami harap penyertaan modal ini segera ditetapkan,” kata dia.(isl)

Comments

comments