Perbatasan Dibenahi, Sepanjang Jalan Full Kaligrafi

0
165

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur mulai melakukan penataan di wilayah perbatasan dengan kabupaten/kota lain. Berbagai panganan dan produk khas Cianjur juga bakal disiapkan di rest area di setiap pintu masuk perbatasan.

Hal itu diungkapkan Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar, Sabtu (3 Desember 2016). Menurutnya, kawasan pertama yang ditata ialah rest area Haurwangi yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat. Tembok pembatas setinggi 3 meter pun mulai diratakan dan dipasangi tulisan kaligrafi.

“Tempat yang sebelumnya diisi oleh pedagang cingcau sudah ditata. Kaligrafi pada malam hari bakal menyala di pintu gerbang selamat datang.”

Menurutnya, pembangunan awal yang menjadi percontohan untuk enam titik lainnya itu ditargetkan rampung pada 2017 mendatang. Sementara untuk keseluruhan diharapkan bisa selesai selama‎ masa jabatannya, “Tidak mesti semuanya selesai tahun depan, ‎dilakukan bertahap hingga akhir masa jabatan,” kata dia.

Di samping mempercantik pintu masuk, menurutnya, di sana juga akan disiapkan tempat kuliner dan oleh-oleh khas Cianjur. “Jadi yang khas dari Cianjur akan disiapkan di sana,” ujar Irvan seraya menambahkan bahwa dengan ditatanya pintu masuk Cianjur dan dipasanginya kaligrafi, ciri Cianjur sebagai kota yang agamis tercermin.

“Tidak hanya digambarkan melalui kaligrafi, tapi karakter warganya pun akan dibina supaya karakter agamisnya muncul dan menangkal pengaruh negatif dari kota-kota besar,” kata dia. (isl)

Comments

comments