Wagub Jabar Minta Pemkab Cianjur Bentuk Desa Berbudaya Lingkungan

0
190

CIANJUR, patas.id – Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mendorong Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk segera membentuk desa berbudaya lingkungan (ecovillage). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerusakan lingkungan akibat ulah manusia yang tak paham dampak dari kerusakannya.

Menurutnya, pembentukan desa berbudaya lingkungan tersebut penting pada saat ini. Apalagi untuk desa yang berada di kawasan hulu dekat sungai. Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia bisa berdampak pada dirinya sendiri, apalagi menyangkut air.

“Alih fungsi di hulu sungai ini yang berbahaya, sebab akan berdampak di hilirnya. Cianjur menjadi salah satu wilayah yang alirannya secara tidak langsung mempengaruhi kondisi Sungai Citarum saat ini. Kerusakan di Kabupaten Bandung sudah parah, dan Cianjur pun mulai mengalami kerusakaan sehingga perlu diantisipasi sedini mungkin,” kata dia kepada wartawan usai melalukan sosialisasi Citarum Lestari dan Desa Berbudaya Lingkungan di Bale Praja, Kamis (1 Desember 2016) siang.

Deddy mengungkapkan, sejak berjalannya ecovillage pada 2014 lalu, sudah 175 desa di hulu Sungai Citarum, telah dibentuk menjadi desa berbudaya lingkungan. Meski tak ditarget, lanjut dia, pemkab harus berupaya memaksimalkan program tersebut dengan membentuk banyak desa menjadi desa berbudaya lingkungan.

“Tidak ada target berapa desa per tahun, lebih banyak lebih baik. Semua orang harus terlibat,” kata dia.(isl)

Comments

comments