Tes Rambut, Metode Paling Akurat Mendeteksi Narkoba

0
355

CIANJUR, patas.id – Berkaca pada hasil tes rambut pada kasus Bupati Ogan Ilir yang terbukti positif menggunakan narkoba pada bulan Agustus 2016 lalu, Badan Narkotika Nasional (BNN) mengusulkan diberlakukannya tes rambut bagi calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada 2017. Apa tes rambut? Apa keunggulan tes rambut dibanding tes narkoba lain?

Berbeda dengan tes urine atau tes darah yang hanya mampu mendeteksi narkoba dalam kurun waktu 5-7 hari, tes rambut mampu memeriksa riwayat pemakaian narkoba hingga 90 sebelumnya secara akurat.

Apakah tes rambut? 

Tes rambut adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan cara memotong helai rambut untuk mengidentifikasi zat-zat narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba) yang dipakai pemilik rambut. Tes ini dianggap yang paling akurat dibanding tes narkoba lain dan diakui di banyak negara maju. Secara prinsip, ketika seseorang mengonsumsi narkoba, metabolit narkoba tersebut akan dibawa oleh aliran darah dan menyerap ke dalam rambut.

Berapa lama pemakaian narkoba yang bisa dideteksi tes rambut?

Tes rambut bisa mendeteksi konsumsi narkoba hingga 90 hari (tiga bulan) sebelumnya. Namun hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan rambut. Rambut biasanya tumbuh sepanjang 1,3 sentimeter per bulan. Saat tes, panjang rambut yang dipotong biasanya sekitar 3-4 sentimeter. Semakin panjang rambut pemakai narkoba, semakin panjang juga sejarah pemakaian narkoba yang bisa dideteksi.

Narkoba jenis apa saja yang bisa dideteksi oleh tes rambut standar?

Cocaine (cocaine dan benzoylecgonine), marijuana, opiates (codeine, morphine dan 6-monacteyl morphine), methamphetamine (methamphetamine/amphetamine dan ecstasy), dan phencyclidine (PCP). Di Amerika Serikat, kelima zat berbahaya ini adalah yang diamanatkan untuk diperiksa sebagai bukti resmi pemakaian narkoba.

Apakah rambut di bagian tubuh (selain kepala) bisa dipakai dalam tes rambut?

Tentu saja, rambut yang tumbuh pada tubuh pun bisa dipakai untuk mendeteksi narkoba. Rambut di ketiak, betis, dan lain-lain bahkan lebih efektif dalam mendeteksi narkoba karena masa pertumbuhannya lebih lambat dibanding rambut kepala. Satu helai bulu betis sepanjang 2 senti mungkin merekam tahun-tahun pemakaian narkoba.

Berapa banyak jumlah helai rambut yang dipotong untuk tes narkoba? 

Tes rambut standar membutuhkan sampel rambut seberat kurang lebih 40 milligram atau sekitar 50-70 helai rambut yang panjangnya berkisar antara 3-4 sentimeter.

Bagaimana jika pemakai narkoba tersebut botak?

Sampel rambut bisa dipotong dari rambut yang tumbuh di bagian tubuh lain seperti di ketiak, betis, atau kemaluan.

tes-narkoba
Tabel durasi jejak narkoba yang bisa dideteksi oleh masing-masing tes.

Seberapa akurat tes rambut dibanding tes narkoba lain seperti tes darah, tes urine, dan lain-lain?

Tes rambut terbukti jauh lebih efektif dan akurat dibanding tes lain. Jejak narkoba dalam darah biasanya memudar setelah 3-7 hari (lihat tabel di atas), namun dengan tes rambut, jejak narkoba yang dikonsumsi berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelumnya masih bisa dideteksi. Periode deteksi biasanya dibatasi oleh panjang rambut yang diperiksa. Rambut sepanjang 3 sentimeter bisa mendeteksi jejak narkoba selama 90 hari.

Bagaimana narkoba bisa menyerap ke dalam rambut?

Setelah dikonsumsi (baik dihirup, dihisap, disuntikkan atau ditelan), narkoba diproses dalam tubuh dan menghasilkan metabolit. Narkoba dan metabolit beredar dalam darah, menyentuh akar rambut dan meresap dalam helainya. Rambut pecandu narkoba dipastikan akan penuh oleh endapan zat-zat terlarang mulai akar hingga ujungnya.

Bagaimana cara mengakali tes rambut?

Cukur semua rambut yang ada di sekujur tubuh hingga benar-benar licin. Namun tentu saja pegawai labooratorium narkoba biasanya mengenali modus ini 🙂

Kapan hasil tes rambut bisa diketahui?

Hasil tes rambut biasanya didapat 3 hari setelah tes dilakukan. (cho)

Comments

comments