BNPB Akan Bangun Sekolah Air Cianjur

0
165

CIANJUR, patas.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana untuk membuat sekolah air di Kabupaten Cianjur. Tidak hanya itu, sekolah gunung dan laut pun akan menyusul untuk dibentuk untuk meningkatkan kesadaran warga menjaga lingkungan dan mengurangi resiko bencana akibat kerusakan alam.

Kasi Pengelolaan Resiko Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gita Yulianti Suwandi, mengatakan bahwa sekolah air tersebut bukan merupakan sekolah dalam artian sebenarnya, namun kelompok warga atau komunitas yang dilatih untuk menjaga lingkungan.

“Jadi sekolah ini hanya sebatas komunitas yang peduli untuk menjaga lingkungan. Nantinya dilatih dan diedukasi bagaimana caranya menjaga sungai serta dapat mengajak orang lain untuk turut serta dalam merawat lingkungan.”

Menurut Gita saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (21 November 2016), Cianjur akan menjadi salah satu daerah yang akan membangun sekolah air karena wilayahnya dialiri banyak sungai besar, salah satunya sungai Citarum yang melintas di tiga kota di Jawa Barat. “Di daerah lainnya juga ada, seperti Purwakarta, Bandung, dan kota lainnya yang dialiri Sungai Citarum. Kami juga bakal bentuk di kota yang terlintasi Sungai Bengawan Solo,” paparnya,

Dibangunnya sekolah air tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian warga dalam menjaga kondisi alam di sungai yang sudah mulai rusak. “Dengan kepedulian yang meningkat, tentunya ekosistem di sungai bisa kembali normal, dengan begitu resiko bencana akibat rusaknya alam bisa diminimalisir,” kata Gita.

Selain sekolah sungai, BNPB bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur juga akan membentuk sekolah gunung dan laut untuk mengurangi resiko bencana seperti longsor dan abrasi. “Kedua program itu akan dijalankan di tahun depan, untuks sekarang kami fokus pada sekolah sungai dulu,” tandasnya. (isl)

Comments

comments