Ribuan Relawan Membersihkan Citarum

0
210

CIANJUR, patas.id – Sebanyak ‎2.500 relawan dari berbagai elemen masyarakat turun untuk membersihkan Sungai Citarum dan melakukan penanaman pohon, Sabtu (19 November 2016). Tidak hanya dari unsur pemerintah, TNI, dan Polri, kegiatan tersebut juga diikuti oleh ratusan siswa SMA/SMK sederajat.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, para relawan tersebut dibagi dalam enam titik di dua desa, yakni Desa Sukatani dan Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi.

“Ada 2.500 relawan yang dilibatkan dengan pohon yang ditanam sebanyak 1500 pohon.”

citarum-bersih2Menurut Herman saat ditemui usai melakukan penanaman pohon, agenda bersih-bersih dan normalisasi sungai tersebut merupakan upaya dalam meminimalisir resiko bencana alam di Cianjur, terlebih di saat cuaca ekstrem saat ini.

“Bencana terjadi akibat alam yang tak terawat, jadi alam harus dikembalikan sebagaimana mestinya. Dibersihkan dari sampah dan ditanami kembali supaya struktur tanahnya bisa lebih kuat.”

‎Kasi Pengelolaan resiko Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gita Yulianti Suwandi, mengatakan bahwa agenda tahun berfokus pada penanganan resiko bencana dari sungai.

“Di sejumlah daerah, resiko bencana mayoritas disebabkan luapan air sungai. Meskipun ada juga resiko longsor. Oleh karena itu perlu diperhatikan secara serius kondisi sungai. Dan kami upayakan normalisasi dilkukan di dua sungai, yakni Citarum dengan panjang lintaan di tiga kota, dan Sungai Bengawan Solo‎,” kata dia. (isl)

Comments

comments