1.985 Bencana Alam Sepanjang Januari-November 2016

0
112

JAKARTA, patas.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa tahun 2016 adalah tahun bencana. Berdasarkan data sementara, selama 2016 yaitu sejak Januari hingga menjelang pertengahan November 2016, tercatat ada 1.985 kejadian bencana alam yang banyak menimbulkan kerugian.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menambahkan bahwa jumlah tersebut tidak termasuk kejadian bencana yang belum dilaporkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing wilayah.

Jumlah ini diperkirakan masih terus bertambah karena curah hujan akan terus meningkat selama November hingga Desember, sehingga kejadian banjir, longsor, dan puting beliung diprediksi akan terus terjadi.

Sutopo menjelaskan bencana yang terjadi tidak termasuk bencana besar, namun korban jiwa dan kerugian ekonomi yang ditimbulkan bencana cukup besar.

“Bencana longsor merupakan bencana yang menimbulkan korban tewas paling banyak yaitu 161 jiwa. Sedangkan banjir menyebabkan 136 jiwa tewas, kombinasi banjir dan longsor 46 jiwa, puting beliung 20 jiwa, erupsi gunung api 7 jiwa, gempa bumi 3 jiwa, dan kebakaran hutan dan lahan 2 jiwa.”

Untuk wilayah Jawa Barat, BMKG memperkirakan bahwa potensi hujan bercurah sedang masih akan terus terjadi di wilayah Bogor, Sukabumi utara, Subang selatan, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Cianjur, Bandung, Garut, Sumedang, Majalengka, Kuningan dan Tasikmalaya. (cho)

Comments

comments