Disdik Akan Buat Regulasi Khusus untuk Siswa PKL

0
218

CIANJUR, patas.id – ‎Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cianjur bakal membuat regulasi khusus bagi setiap SMK di Cianjur dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL), terutama yang ditempatkan di instansi pemerintahan.

Kepala Disdik Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah, mengatakan bahwa regulasi tersebut akan mengatur teknis pelaksanaan PKL para siswa. Tidak hanya itu pengaturan jam pulang dan hubungan kedekatan pun akan ditekankan agar tak terlampau jauh.

“Jadi diarahkan siswa agar fokus pada pembelajaran, praktek dunia kerja dari materi yang diajarkan sekolah,” ujar Cecep, Kamis (10 November 2016), seraya menambahkan bahwa setiap sekolah juga akan diimbau untuk memberikan pembinaan kepada pra siswanya supaya berhati-hati ketika menjalani PKL.

“Jangan mudah terbujuk dengan perhatian pembimbing di tempat PKL. Pasalnya PKL juga akan menjadi penilaian ketika lulus, jika memang kinerjanya bagus, bisa saja direkrut bekerja di tempatnya praktek.”

Di sisi lain, Cecep juga prihatin dengan munculnya kasus pelecehan seorang siswi PKL di bawah umur oleh salah seorang ASN. Meski terjadi di luar jam bekerja atau di luar kantor, namun hal itu menjadi catatan buruk bagi semua pihak.

“Pengawasan guru dan orangtua juga penting. Apalagi kalau tempat PKL-nya jauh dari rumah. Meski sudah dianggap mandiri, pengawasan tetap perlu dilakukan. ‎Sebab mereka masih di bawah umur dan menjadi generasi penerus,” kata dia. (isl)

Comments

comments