Dewan Minta Perizinan Pabrik Tripleks Ditinjau Kembali

0
168

CIANJUR, patas.id – Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur meminta Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM), untuk meninjau kembali perizinan pabrik triplek di samping SDN Peuteuy Condong 2 Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur.

pabrik-tripleks-cianjur3
Ketua Komisi I DPRD Cianjur, Lika Nurhayati.

Ketua Komisi I, Lika Nurhayati, mengatakan, ‎pihak perizinan harus meninjau kembali ke lapangan saat ada permohonan izin. Pasalnya kini yang akan dirugikan adalah semua pihak.

“Kalau disodorkan tanda tangan, diperiksa kembali apakah benar sudah setuju. Bisa saja itu warga mana, buktinya sekarang semua pihak menolak. Makanya harus ditinjau lagi izinnya.”

Sekretaris Komisi IV, Riksa Iman Pribadi, menuturkan bahwa Dewan akan berpegang pada usulan dan aspirsi dari warga. Warga mayoritas satu kata untuk menolak perizinan pabrik serta relokasi SDN Peuteuy Condong 2. “Kalaupun iya mau direlokasi ya buktikan dulu, sebab kalau tanpa bukti bisa saja berbohong. Bangunkan dulu sekolah baru bicara relokasi. Tapi melihat kondisi lokasi lahan yang rencananya digunakan jadi bangunan, ‎Dewan menilai kondisinya tak layak, bahkan akan membuat siswa tak nyaman di sana,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Sub Perencanaan BPPTPM Kabupaten Cianjur, Dian mardiana, menuturkan saat ini pihaknya baru mengeluarkan izin prinsip dan lokasi, sementara IMB belum dikeluarkan. Dian juga menjelaskan bahwa dalam pengajuan izin, sekolah tak masuk dalam lahan yang diajukan izinnya.

“Jadi kalau sekolah memang akan dibangun jadi pabrik maka baru lagi izinnya, itupun kalau warga menyetujui dan ada pertimbangan lain dari kami.”

Ani Salsiah (53 tahun) salah seorang warga mengancam akan mendemo sembari membawa senjata tajam jika sekolah jadi direlokasi. “Kami tidak ridho. Kalau tetap dibangun, warga siap hadang sambil bawa pisau,” tandasnya. (isl)

Comments

comments