Foto-foto Keren Pemenang SIPA 2016

0
249

ITALIA, patas.id – Siena International Photo Award (SIPA) adalah kontes fotografi tahunan yang dinilai terbaik di dunia. Tahun 2016 ini, fotografer amatir maupun profesional dari 133 negara ikut serta dalam kontes dan panitia menerima tak kurang dari 50.000 karya. Juri-juri terbaik telah menyeleksi karya dan malam penganugerahan dilaksanakan akhir Oktober 2016.

Ada 11 kategori yang diperlombakan dalam kontes ini, yakni kategori Opencolor, Open Monochrome, Travel, People and Portrait, Nature, Wildlife, Architecture, Sport, Wine, Storyboard, serta Under-20. Pengiriman karya foto telah dilakukan sejak 15 Desember 2015 hingga 15 Mei 2016 dan setiap peserta dharuskan membayar mulai €15-€30 Euro untuk 3-20 karya foto yang dikirim.

Pemenang SIPA berbagai kategori menerima hadiah berupa uang, piagam, fasiltas menginap di kota indah Siena, dan tentu saja rekognisi internasional. Khusus untuk pemenang yang terpilih sebagai SIPA Contest Photo of the Year, pemenang tahun ini menerima hadiah uang sebesar €1.500, menginap 2 malam di Siena selama perayaan dan menjadi bintang tamu dalam Gala Dinner, liputan internasional, publikasi di galeri SIPA, serta tentu saja piagam bergengsi.

Foto-foto terbaik yang menjadi juara 1-3 di semua kategori dan karya foto yang dianggap layak dipajang serta mendapat pengakuan publik dipamerkan di event bertajuk “Beyond The Lens” di Piazza del Campo serta di gedung Siena Accademia dei Rozzi nan prestisius, dan anugerah SIPA Contest Photo of the Year tahun ini didapatkan oleh Greg Lecoeur, fotografer asal Perancis, dengan karya berjudul “Sardine Run” yang menggambarkan migrasi ikan sarden di sepanjang semenanjung Afrika Selatan.

Berikut ini adalah beberapa foto terbaik SIPA 2016 yang dirangkum patas.id untuk pembaca. (cho)

sipa14
“Sardine Run” karya Greg Lecoeur menggambarkan migrasi berbahaya ikan sarden di sepanjang semenanjung Afrika Selatan. Foto ini terpilih sebagai juara umum di SIPA 2016.
sipa11
“The mask lady, Venice” karya Dean Saffron menggambarkan kehidupan sehari-hari pembuat topeng Marilisa Dal Cason di tokonya di Venesia.
sipa10
“Jodhpur family, Rajasthan” karya Isa Ebrahim menggembarkan komposisi indah keluarga Bhenwa di kota Jodhpur.
sipa3
“Red mist in Alba” karya Valentina Galvagno menggambarkan suasana musim gugur di kebun anggur di pebukitan Langhe di Piedmont. Foto ini terpilih sebagai juara 2 dalam kategori Wine.
sipa6
“Light and shadows, Abu Dhabi” karya Ali Al Jajri menggambarkan bayangan geometris sempurna yang memantul di lantai Mesjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi. Foto ini terpilih sebagai juara 2 dalam kategori Architecture.
sipa5
“Making fishing nets, Vietnam” karya Danny Yen Sin Wong menggambarkan seorang wanita yang sedang membuat jaring kampung nelayan Phan Rang, Vietnam selatan. Foto ini terpilih sebagai juara kategori Open Color.
sipa12
“Larung Gar Buddhist Academy, China” karya Qingjun Rong menggambarkan rumah-rumah lama dan biarawati di Buddhist Academy, provinsi Sichuan, China.
sipa13
“The power of nature” karya Giuseppe Mario Famiani menggambarkan erupsi magma, debu dan gas dari Gunung Etna yang membubung tinggi pada bulan Desember 2015. Foto ini terpilih sebagai pemenang kategori Nature.
sipa9
“Floating market, Malaysia” karya Antonius Andre Tjiu menggambarkan pentingnya perahu dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kalimantan Selatan. Foto ini terpilih sebagai juara 3 dalam kategori Travel.
sipa2
“Urban skiing in the Arctic” karya Audun Rikardsen, menggambarkan teman sang fotografer yang sedang bermain ski di Tromsø, Norwegia. Foto ini menjadi juara kategori Sport.
sipa8
“Prayers on the road” karya Muhammad Mostafigur Rahman menggambarkan ummat Islam yang sedang sholat di sepanjang jalan Dhaka-Mymensingh, Bangladesh, tepat di seberang sungai Turag.
sipa1
“Strawberry greenhouses” karya Leyla Emektar, menggambarkan seorang pemetik stroberi yang sedang berjalan di sela-sela greenhouse warna-warni di Nazilli, sebuah wilayah di provinsi Aydın, Turki.

 

Comments

comments