DPRD Cianjur: Perizinan Harus Proaktif

0
162
DITANDATANGANI: Kepala BPPTPM Kabupaten Cianjur, Endang Suhendar, saat menandatangani berkas pengajuan izin.

CIANJUR, patas.id – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur, Lika Nurhayati mengatakan, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Cianjur, sudah seharusnya menjalankan apa yang menjadi kewajibannya.

Proses penyelesaian berkas perizinan yang diajukan pemohon yang harus selesai dalam 14 hari itu, harus juga bisa dilaksanakan.

Menurut Lika, permasalahan kurangnya tenaga ahli yang menguasai teknis, seharusnya bisa diantisipasi dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang ada di kantor perizinan.

“Sudah jelas dalam perda itu harus selesai dalam 14 hari. Jangan lebih,” terang Lika, di ruang kerjanya, Jumat (4 November 2016) pagi.

Lika menuturkan, polemik yang muncul setelah Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, melakukan sidak, jangan sampai berlarut-larut. Seharusnya dinas teknis lebih proaktif, dan bukannya menambah masalah dengan membantah pernyataan orang nomor dua di Cianjur tersebut.

“Pemkab Cianjur saat ini sedang melakukan beberapa pembenahan di bidang pelayanan, dan itu memang menjadi kabar baik yang harus kita dukung, agar masyarakat bisa menikmati mudahnya pelayanan,” terang Lika.

Lika juga meminta, apa yang dikeluhkan pihak perizinan soal adanya pihak ketiga yang terlibat dalam proses pengajuan perizinan, untuk segera diantisipasi dengan memberlakukan sebuah aturan yang jelas.

“Di kantor kan sudah jelas tertera ada pengumuman tidak menerima calo, ya itu ditegaskan. Kalau memang si pemohon izin itu bukan orang dalam perusahaan, ya jangan diterima berkasnya. Minta kepada mereka untuk mengurus sendiri perizinannya,” tegas dia.

Sebelumnya, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman melakukan sidak ke beberapa dinas teknis, di antaranya Dihubkominfo, BPPTPM, dan Disdukcapil Kabupaten Cianjur.

Di BPPTPM, Herman menemukan tumpukan berkas pengajuan izin yang belum ditandatangani Kepala BPPTPM. Bahkan di antaranya, berkas itu diajukan dari dua bulan yang lalu.(tri)

Comments

comments