Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiswa Berunjuk Rasa di Pendopo Cianjur

0
180
ORASI: Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Cianjur saat berunjuk rasa di Halaman Pendopo Kabupaten Cianjur.,memperingati Hari Sumpah Pemuda.

CIANJUR, patas.id – Puluhan mahasiswa Cianjur yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Cianjur melakukan aksi unjuk rasa di depan Halaman Pendopo Kabupaten Cianjur, Jumat (28/10) pagi.

Para mahasiswa itu menyuarakan agar Pemerintah Kabupaten Cianjur segera mengambil sikap dengan kebijakan perusahaan di Cianjur yang‎ lebih memilih untuk merekrut kaum perempuan sebagai karyawan dibandingkan kaum laki-laki.

“Ini yang kami sayangkan. Sekarang, di pabrik perbandingan (pekerja) perempuan dan laki-laki sudah 80 dengan 20. Bahkan di salah satu perusahaan rencananya menghapus karyawan laki-laki di tahun depan,” ujar Ketua PMII Kabupaten Cianjur, Tedi Sopian saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, kondisi itu membuat kesenjangn sosial terjadi, dimana ayah menjadi ibu, dan ibu menjadi seorang ayah atau tulang punggung keluarga.

“Dampaknya tentu banyak perceraian, sebab perempuan menganggap dirinya sudah mandiri. Sementara suami diam di rumah mengurus anak,” kata dia.

Beban sosial yang ada pada laki-laki, lanjut dia, membuat mereka memilih cara instan dengan melakukan aksi kriminal untuk mendapatkan penghasilan.

“Makanya harus ada upaya dari pemkab untuk menekan angka pengangguran dan menekan tindak kriminal serta mengembalikan hakekat laki-laki sebagai tulang punggung keluarga. Tidak hanya itu, pemuda di desa juga mesti diberi lapangan pekerjaan, sebab mereka juga sama, tidak hanya warga di perkotaan,” kata dia.(isl)

Comments

comments