BPBD Cianjur Akan Membentuk Sekolah Air

0
186

CIANJUR, patas.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur berencana mengembalikan fungsi sungai dan membersihkan setiap aliran sungai guna mengurangi resiko bencana. Hal itu diungkapkan Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, ‎Asep Suparman. Menurutnya, BPBD akan membentuk tim khusus sekaligus sekolah air di sejumlah aliran sungai, salah satunya di aliran sungai Citarum.

“Jadi nanti akan ada sekolah air, namun bukan dalam artian sekolah formal melainkan komunitas penggiat lingkungan khususnya untuk sungai,” ujarnya.

Menurut Asep, komunitas tersebut akan rutin menggelar pembersihan aliran sungai, diawali dengan sungai Citarum yang merupakan sungai utama dan mengalir di perbatasan.

“Selain memberikan contoh, mereka juga akan mengedukasi warga agar senantiasa turut menjaga kebersihan lingkungan. Dan ke depannya tentu kami berharap warga di setiap aliran sungai sadar untuk menjaga sungainya.”

Hulu sungai akan menjadi fokus perhatian komunitas tersebut, dimana penanaman pohon kembali dilakukan untuk mengembalikan fungsi sungai dan mencegah terjadinya bencana akibat kerusakan di hulu.

“Kalau dilihat sewaktu pemantauan langsung ke lapangan, kondisinya memang kurang begitu baik. Kami akan koordinasi juga dengan instansi lainnya, memastikan tanaman apa yang cocok untuk di daerah aliran sungai,” pungkas Asep. (isl)

Comments

comments