Hujan Berkepanjangan, Kunjungan Wisatawan Menurun

0
185

PATAS.ID, Cianjur – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur memprediksi tingkat kunjungan wisatawan ke destinasi wisata air di Cianjur akan mengalami penurunan. Hujan yang berkepanjangan mengguyur Cianjur dalam jangka waktu yang lama diduga menjadi penyebabnya.

Kepala Seksi Bina Uaha Kepariwisataan Di‎sbudpar Kabupaten Cianjur, Neneng Sumaryanti, mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan dipengaruhi beberapa hal, di antaranya keindahan, keamanan, fasilitas, cuaca, dan lainnya.

“Meskipun destinasi alam di Cianjur beragam dan indah, tapi jika cuaca kurang mendukung, secara otomatis kunjungan menurun. Itu juga akan mempengaruhi keamanan, apalagi wisata air,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Jumat (30 September).

Menurutnya, penurunan itu akan juga berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

“Penurunan pasti ada tapi tidak signifikan. Untuk prosentasenya belum tahu, karena belum ada kajian khusus.”

Semeetara itu Koordinator Pengelola Wisata Waduk Jangari, Supidin, mengungkapkan bahwa penurunan kunjungan wisatawan akibat cuaca yang terus hujan, cukup tinggi. Bahkan biasanya wisatawan asing dari Timur Tengah yang jumlahnya sepuluh mobil per hari, kini hanya dua mobil per hari.

“Ada pengaruhnya, saya biasa setoran itu Rp 500 ribu per hari sekarang hanya Rp 50 ribu per hari. Penurunan wisata asing juga sama dengan penurunan wisatawan lokal.”

Menurut Supidin, jika musim hujan terus terjadi maka wisata air Jangari akan minim pengunjung. “Kalau sudah bicara alam memang susah, karena tidak bisa diprediksi. Tapi pasti pengaruh ke wisata air Jangari akan terus sepi kalau hujan,” simpulnya. (isl)

Comments

comments