Uang 106 Miliar Selamat dari Upaya Perampokan

0
256

PATAS.ID, Cianjur – Uang senilai Rp 106,250 miliar yang dibawa kendaraan milik PT Abacus Cash Solution Regional Jawa Barat, berhasil diamankan dari upaya perampokan pada Jumat (23 September) dini hari.

Mobil bernopol B 9485 SCD itu nyaris dirampok saat menempuh perjalanan dari Sukabumi menuju Kota Bandung, tepatnya di jalur lingkar timur di Desa Bojong Kecamatan Karangtengah, sekitar pukul 02.00 WIB.

“Mobil yang dipakai membawa uang ini adalah Isuzu jenis mobil barang. Di dalamnya ada dua orang karyawan Abacus yakni Regi (30 tahun) dan Yogie (32 tahun) serta Bripda Ricky Julianto dari Ditsabhara Polda Jabar yang mengawal,” ujar Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu kepada wartawan di Mapolsek Karangtengah.

Asep menjelaskan, sejak melintas perbatasan Sukabumi-Cianjur, sopir mobil pembawa uang sudah merasa diikuti oleh dua mobil jenis minibus. Kedua minibus itu terus mengikuti hingga flyover jalan Lingkar Timur.

“Dirasa kondisi jalan sudah sepi, satu kendaraan menyalip mobil pembawa uang ini. Polisi yang sebelumnya duduk di kursi belakang, bertukar tempat dengan Yogie, dan meminta sang sopir untuk kembali menyalip Avanza Bernopol D 1496 XY itu.”

Dalam kondisi tersebut, mobil lainnya yang berada di samping korban mencoba menakut-nakuti dengan mengacungkan senjata api tapi tak dihiraukan oleh korban.

“Sempat terjadi pergesekan antara mobil pembawa uang ini dengan mobil pelaku, namun Regi berhasil menyusul mobil itu hingga Pos Polisi di perempatan Jalan Pramuka-Jalan Raya Bandung,” tambah Asep.

Saat sampai di Pos Polisi, Bripda Ricky kemudian turun dan mencoba menghentikan mobil yang tadi sempat memepet kendaraan yang ditumpangi. Seorang pengemudi bernama Hartadi Ganda Sukmana (35 tahun) turun dan langsung menyerahkan diri usai polisi mengarahkan senjata kepada pelaku.

“Polisi dari Polsek Karangtengah segera mendatangi lokasi dan mengamankan tersangka. Satu mobil lainya menurut keterangan melaju cepat ke arah Bandung sewaktu kejadian.”

Kanit Reskrim Polsek karangtengah, AKP Tio, mengungkapkan bahwa setelah dilakukan penggeledahan ditemukan sebuah seragam dan ID card berinisial IAP, salah seorang pegawai PT Abacus.

“Diduga ada keterlibatan orang dalam perusahaan itu sendiri, tapi masih kami kembangkan. Untuk mengantisipasi kejadian serupa, kami akan lebih rutin untuk melakukan patroli di jalur tersebut,” kata dia. (isl)

Comments

comments