Api PON XIX Jawa Barat Akhirnya Tiba di Cianjur

0
189

CIANJUR – Api PON XIX Jawa Barat akhirnya tiba di Kabupaten Cianjur, Rabu (14 September) malam. Rencananya api tersebut akan disemayamkan di Pendopo selama semalam sebelum diberangkatkan lagi, Kamis (15 September) pagi.

Berbagai kesenian ditampilkan dalam penyambutan api PON tersebut, mulai dari pencak silat, tarian, hingga pertunjukan musik di mini panggung di bagian timur Pendopo Cianjur. Lampu sorot dan hiasan lainnya mempercantik Pendopo di malam hari berkenaan dengan kegiatan penyambutan tersebut. Lagu ‘Berjaya di Tanah Legenda’ yang dinyanyikan oleh Arman Maulana pun berkumandang.

Sayangnya, kedatangan api PON tersebut mengalami keterlambatan. Hujan deras yang mengguyur Cianjur sejak pukul 14.00-18.00 WIB membuat api tersebut diamankan dulu di Mapolres Cianjur sebelum dibawa lari menuju Pendopo melalui Jalan Siliwangi.

Baru sekitar pukul 20.10 WIB, api PON yang dibawa oleh atlet legenda Cianjur, Kinkin dan Puspa Delima, sampai di Pendopo dan langsung disambut oleh Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar serta tamu undangan.

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, mengatakan, api PON ini akan disemayamkan di Pendopo dengan ditempatkan di lampu hias gentur khas Cianjur dan akan diberangkatkan kembali besok pagi.

“Ini juga jadi momentum para atlet Cianjur untuk bisa menunjukan diri berprestasi di tanah legenda, dan itu yang kami harapkan.”

Irvan mengakui Cianjur belum memiliki fasilitas untuk menjadi venue PON. Namun di tahun depan,`Cianjur akan membuat sport center untuk segala cabang olah raga. “Rencananya di Cilaku dan Campaka, pusat pelatihan atlet juga akan dibuat di KONI Cianjur,” paparnya.

Ketua KONI Kabupaten Cianjur, Donny Istibandono, mengatakan, ada 34 atlet asal Cianjur yang maju di empat Cabor. Menurutnya semua atlet berpotensi untuk meraih medali dalam PON.

“Atlet Cianjur bertanding di cabor hoki, panjat tebing, atletik, dan dayung. Kami harap mereka bisa mendulang emas untuk Jawa Barat dan membawa nama baik Cianjur,” tandasnya.

Sebagai informasi, api PON yang diberangkatkan mulai tanggal 5 September tersebut akan berkeliling di 25 kota/kabupaten di Jawa Barat hingga tanggal 17 September nanti. (isl)

Comments

comments