Lomba Monolog Tingkat SMA/SMK Se-Jawa Barat

0
323

BANDUNG – Paguyuban Mahasiswa Sastra Sunda (Pamass) Unpad kembali menggelar “Pasanggiri Monolog Basa Sunda” (PMBS) untuk yang ketiga kalinya. Acara yang akan berlangsung di Unpad Jatinangor ini bertujuan untuk mempopulerkan teater monolog, mendukung sastra remaja, serta menyebarkan genre naskah monolog pada masyarakat di Jawa Barat.

Ada 14 naskah pilihan untuk PMBS III, masing-masing dibedakan berdasarkan jenis kelamin pembawa monolog. Untuk siswa lelaki, naskah yang bisa dipilih adalah naskah “Kuda Waja” karya ED Jenura; “Runtah Dua” karya Enang Rukajat Asura; “Dunya Anyar” karya Érwin Wahyudi; “Nyukcruk Tutungkusan” karya Ikhsan Gumelar; “Tatu” karya Ayi G. Sasmita; dan “Média Sosial” karya Iwan M. Ridwan. Sedangkan untuk siswa perempuan, naskah-naskah yang dapat dipilih adalah naskah “Monster” karya ÉD Jénura; “Runtah Hiji” karya Enang Rukajat Asura; “Atah Warah” karya Ikhsan Gumelar; “Idola” karya Yosép Rustandi; “Sulaya” karya Ayi G. Sasmita; “Wadal” karya Érwin Wahyudi; “Nyai & Pohaci” karya Hadi AKS serta naskah “Sieun” karya Yusef W. Muldiana.

Ketua Panitia PMBS III, Riki Nawawi (22 tahun), menyatakan bahwa respon peserta dan guru-guru sekolah untuk acara ini cukup baik dan ada trend peningkatan jumlah peserta setiap tahunnya. “Namun keberhasilan panitia yang utama adalah memperkenalkan genre teater monolog kepada masyarakat Jawa Barat. Dalam hal ini, guru dan murid sebagai sasaran utama,” ujar Riki.

Salah satu tantangan yang dihadapi panitia, lanjut Riki, adalah ketidaktahuan guru mengenai seni teater monolog.

“Dalam pelaksanaan roadshow ke sekolah-sekolah (SMA) untuk mempromosikan PMBS II tahun lalu, banyak sekolah yang menolak secara langsung karena bentuk kegiatannya mereka anggap abstrak. Mungkin itu juga dikarenakan banyak guru yang tidak mengetahui seperti apa penampilan monolog.”

Pendaftaran PMBS III dimulai sejak Juni-25 September 2016 dengan biaya keikutsertaan sebesar Rp. 150.000,-/siswa. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online dengan cara mengklik tautan berikut: FORMULIR PENDAFTARAN PASANGGIRI MONOLOG BASA SUNDA III, sedangkan lomba ini sendiri akan berlangsung 3-7 Oktober 2016 di Aula Studi Bahasa Jepang (PSBJ) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad. (cho)

Comments

comments