Kades Bermasalah Akan Dipecat

0
158

CIANJUR – Inspektorat Daerah (Itda) Kabupaten Cianjur mengancam akan memecat kepala desa yang bermasalah dalam pengelolaan anggaran desa. Saat ini Inspektorat Daerah pun sedang melakukan pengawasan terhadap sejumlah kepala desa di Cianjur yang memang memiliki masalah tersebut.

Hal itu diungkapkan, Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat Itda Kabupaten Cianjur, ‎Agus Abdul Wahid. Saat ini, kata dia, pihaknya sudah mengeluarkan surat peringatan sekaligus pengawasan kepada Kepala Desa Sukagalih Kecamatan Cikalongkulon. Bahkan dalam waktu dekat pun beberapa desa akan mendapatkan surat serupa.

“Informasi dari warga di Desa Sukarama Kecamatan Bojongpicung juga sama, kami akan coba tindak lanjuti ke sana. Kalau ada temuan maka akan dilakukan pengawasan lebih lanjut,” ujarnya.

Menurut Agus, kepala desa yang bermasalah diberi waktu selama tiga bulan untuk melakukan perbaikan. Jika tidak ada progres, maka pihaknya menyiapkan sanksi tegas.

“Tentu saja kalau tidak diindahkan maka akan kami beri sanksi tegas, bahkan hingga pemecatan atau pencabutan SK langsung oleh Bupati.”

Dia menambahkan, kepala desa bermasalah di Cianjur tidak banyak, namun tetap harus ditindak supaya bisa memberikan efek jera dan membuat kepala desa lainnya bekerja sesuai ketentuan. Terutama dalam mengelola anggaran mulai Dana Desa, Alokasi Dana Desa, dan Bantuan Sosial.

“Biasanya yang bermasalah itu di DD dan ADD, tapi kami harap yang lain tidak melakukan hal serupa. Kelola anggaran sebaik mungkin untuk kesejahteraan rakyat,” pungkasnya menutup wawancara. (isl)

Comments

comments