10 Gadget Terbaik IFA 2016

0
176

IFA 2016 masih berlangsung di Berlin. Event yang berlangsung 2-7 September ini menyedot banyak perhatian dari konsumen pecinta teknologi elektronik dari seluruh penjuru dunia. Beberapa produk tercanggih dan menjadi idola dalam event ini dirangkum Patas ke dalam 10 Gadget Terbaik IFA 2016:

 

  • Lenovo Yoga Book

lenovo-yoga-book
Jika Apple, Microsoft dan berusahaan lainnya adalah Thomas Edison, maka Lenovo adalah Nikola Tesla. Pada IFA 2016, Lenovo Yogabook sukses mencuri perhatian banyak pengunjung karena tampilannya yang hibrid, perpaduan antara kompter, tablet, dan tablet gambar.

Ini yang istimewa: tak ada keyboard. Komputer berlayar 10.1 inci ini hanya menampilkan deretan tombol yang semuanya dijalankan lewat sentuhan. Untuk menulis disediakan Book Pad dan bolpen yang berbasis teknologi canggih electromagnetic response (EMR).

Tablet-komputer hibrid yang memiliki berat 0,690 gram ini dilengkapi dengan prosesor quad-core Intel Atom x-series, RAM 4GB DDR3, flash storage 64GB, dengan display 1,920 x 1,200 IPS baik dalam format Windows 10 maupun Android. Pihak Lenovo berpromosi bahwa inilah laptop pertama yang dilengkapi perangkat seni digital tanpa banyak tombol yang memusingkan.” Wow!

 

  • Sony Xperia XZ

Experia XZ

Sony mempersembahkan Xperia XZ pada IFA 2016. Dibanding Sony Xperia X, gadget ini memiliki desain serta fitur fotografi yang sedikit lebih baik. Selain itu, bagian punggung Xperia XZ terbuat dari logam baru bernama alkaleido yang tidak terasa licin di kulit. Tepian kaku persegi yang ada ponsel sebelumnya pun diganti dengan lengkungan halus yang lebih nyaman digenggam.

Sensor 23MP pada Xperia XZ disertai dengan teknologi white balance terbaru untuk meningkatkan kualitas warna dan menambah detail pada gambar. Ponsel cerdas ini juga dilengkapi dengan penyeimbang 5 axis agar kualitas video yang diambil tetap jernih dan tidak blur.

Untuk prosesor, XZ mengandalkan Qualcomm Snapdragon 820 dengan RAM 3GB sehingga cukup cepat jika dipakai untuk bermain Pokemon Go ? Ruang penyimpanan internal sebesar 32GB dan 256GB microSD.

 

  • Asus ZenWatch 3

asus zenwatch 3
Asus membuat kejutan dengan memperkenalkan ZenWatch 3 pada IFA 2016. Jam tangan berbentuk bulat dengan desain memesona ini dilengkapi dengan chipset baterai tahan lama Snapdragon Wear 2100, display Amoled 1.39 inci dengan resolusi 400 x 400 untuk menjamin kejernihan dan ketajaman warna.

Model jam tangan modern yang banyak diminati pengunjung ini berhasil menaikkan status Asus sebagai produsen jam tangan cerdas seperti halnya Huawei Watch serta Moto 360. Jika berminat, ZenWatch 3 dibanderol dengan harga $250 untuk gelang karet dan $280 jika bergelang kulit.

 

  • Speaker BeoSound 1 dan 2

beosound 1

Perusahaan Skandinavia Band & Olufsen memamerkan speaker canggih berpenampilan monolilit yang futuristik namun anggun dengan kualitas audio super. Tak hanya itu, speaker ini juga merangkap sebagai detektor asap.

“Alasan kami membuat speaker dengan desain silinder adalah untuk memungkinkan keluarnya suara dalam cakupan 360 derajat, sehingga dimana pun kita berada dalam sebuah ruangan, kualitas audio speaker ini tetap terdengar jernih dan jelas.”

Speaker premium BeoSound 1 nirkabel ini kompatibel dengan Google Cast, Bluetooth, AirPlay dan DLNA. Harganya tentu saja mahal, tapi siapa perduli? Jika Anda berani merogoh uang sebesar $1.495 untuk Beosound 1 dan $1.895 untuk Beosound 2, Anda dijamin takkan kecewa. Sekali lagi, lihat tampilannya!

 

  • Samsung Gear S3 Frontier

samsung-gear-s3-frontierJam tangan Samsung Gear S3 akhirnya muncul di IFA 2016 dengan 2 model
sekaligus yaitu Samsung Gear S3 Classic and the Samsung Gear S3 Frontier. Perbedaannya, Gear S3 Frontier diperuntukkan bagi mereka yang sering berada di lapangan.

Sekilas, tak banyak yang berubah dalam tampilan Gear S3 Frontier dibanding pendahulunya Samsung Gear S2. Namun, ukuran Gear S3 Frontier sedikit lebih besar dengan baterai yang lebih tahan lama bahkan meskipun jam tangan ini bisa menampilkan 16 juta warna dengan sistem Always-On Display (AOD).

Untuk meningkatkan performa jam tangan, Gear S3 Frontier memakai prosesor dual-core 1GHz yang didukung oleh RAM 768MB dan ruang penyimpanan 4GB. Melengkapi koneksi LTE, Frontier mendukung sinyal 3G, Bluetooth 4.2, Wi-Fi b/g/n, NFC dan koneksi GPS.

 

  • Acer Predator 21 X

acer predator 21x
Laptop monster ini tak perlu diperkenalkan lagi. Acer’s Predator 21 X adalah laptop 21 inci dengan layar cekung resolusi 2,560 x 1,080 dan kartu grafis dual Nvidia GeForce GTX 1080, hmmm…

Predator 21 X dilengkapi dengan keyboard mekanik Cherry MX yang setiap tombolnya dilengkapi lampu belakang RGB yang menyala. Di atas jajaran tombol terdapat jendela kecil untuk mengintip putaran kipas, seperti pemandangan indah. Tak hanya itu. Bagian kanan keyboard yang biasanya berisi kumpulan angka bisa diganti dengan trackpad. Ini merupakan ide brilian yang belum ada sebelumnya. Sedangkan di bagian kiri keyboard, kita akan mendapatkan tombol-tombol perintah game serta deretan slot.

Prosesor Intel Kaby Lake ditambah ruang penyimpanan SSD 4TB menjamin kepuasan pemakai. Sayangnya, laptop bombastis ini memiliki berat 8 kilo dan harganya mahal. namun hingga saat ini belum ada harga resmi yang disebutkan oleh Acer.

 

  • Withings Steel HR

withings steel

Meskipun selintas terlihat sederhana, Withings Steel HR adalah jam tangan analog yang cerdas. Selain berfungsi sebagai pengatur waktu, jam ini juga mendeteksi denyut jantung sepanjang hari. Selain itu, Withings juga memberi notifikasi jika ada SMS dan telepon masuk.

Juru bicara Steel HR mengatakan bahwa karena banyaknya permintaan, jam tangan ini juga mendukung aplikasi WhatsApp, Messenger, dan email yang bisa disinkronisasi melalui perangkat Android atau iOS lewat aplikasi Withings Health Mate.

Baterai Steel HR diklaim bertahan hingga 25 hari. Jika tidak di-charge, jam tangan akan otomatis berada di mode power-saving dan tetap berfungsi hingga 20 hari berikutnya.

Withings Steel HR dibanderol dengan harga $179.95 untuk model berukuran 40mm, serta $199.95 untuk yang berdiameter 36mm. Diperkirakan jam tangan ini mulai beredar di pasaran Oktober depan.

 

  • Philips OLED 901F

philips oled

OLED TV pertama berukuran 55 inci dari Philips ini sangat cantik berkat teknologi pintar Ambilight yang bisa memancarkan sinar dari arah belakang televisi dengan tujuan menyesuaikan diri dengan apa yang terdapat pada layar.

Selain itu, OLED 901F juga nyaman dan konsisten dilihat dari segala sudut pandang, sangat menguntungkan bagi mereka yang menonton agak di pinggir. Dudukannya yang kokoh terbuat dari perak yang takkan mengganggu pandangan karena didesain dengan sempurna.

Televisi ini berbasis Android dengan prosesor quad-core yang pastinya memuluskan performa secara keseluruhan.

 

  • TomTom Touch

tomtom-touch
TomTom adalah perusahaan navigasi kendaraan roda 4 yang mengembangkan sayapnya pada teknologi smartwatch dan sejauh ini berhasil dengan smartwatch sebelumnya yaitu Spark.

Selain sebagai pengatur waktu, TomTom Touch yang banyak disukai di IFA 2016 ini memiliki fitur penghitung lemak tubuh. Cukup dengan satu sentuhan, kita bisa mendapat data tentang perbandingan massa otot dan massa lemak.

TomTom Touch juga merupakan penghitung langkah yang memiliki sistem GPS systems dan anti air (kecuali bila menyelam). Gelangnya diklaim anti iritasi hingga aman dikenakan oleh mereka yang berkulit sensitif sekalipun. Sayangnya, jam tangan ini baru bisa menerima SMS dan telepon saja. Namun ini pun bisa dimaafkan mengingat ukurannya yang mungil.

Berminat? Harganya cukup murah, hanya $129,99 saja.

 

  • Asus ZenBook 3

asus zenbook 3

Dengan berat sekitar 0,92 kilogram dan ketebalan 11,9 mm, Asus ZenBook 3 mengalahkan efisiensi MacBook Apple. Sekilas, bentuk keduanya pun sangat mirip sehingga banyak mengundang perhatian di IFA 2016.

ZenBook 3 adalah Ultrabook kecil yang sekujur tubunya dilindungi logam campuran yang terbuat dari alumunium aloi khusus pesawat luar angkasa.Dengan logam ini, Asus mengklaim Zenbook 40% lebih kuat dari Ultrabook.

Di bagian dalam, Zenbook 3 dipersenjatai dengan kipas canggih 3mm, sedangkan layarnya yang sebesar 12.5 inci dilindungi oleh Gorilla Glass 4 agar tahan banting. Untuk kepuasan pembeli, Asus membanderol komputer dengan prosesor i7, 1TB SSD dan RAM 16GB yang dilengkapi sacanner fingerprint ini seharga $1.999. (cho)

Comments

comments