Seorang Jemaah Haji Asal Cianjur Meninggal Dunia

0
221

CIANJUR – ‎Aceng bin Nurdin (51 tahun) seorang jemaah haji asal Cianjur yang tergabung dalam kloter 18 diketahui meninggal dunia saat melaksanakan ibadah haji di hari ke-11. Aceng diduga meninggal dunia akibat penyakit stroke dan kondisi cuaca ekstrim di Mekkah.

Staf Penyelenggara Haji dan Umroh kementrian Agama (Kemanag) Kabupaten Cianjur, Mamat Slamet, mengungkapkan, Aceng yang merupakan warga Kampung Neglasari Desa Bojong Kecamatan Karangtengah tersebut meninggal dunia saat melaksanakan prosesi ibadah haji di Kota Mekkah, Saudi Arabia.

“Dia (Aceng, red) punya riwayat stroke. Informasi dari petugas, ketika sampai Madinah pun mulai terlihat pucat. Dan saat di Mekkah kondisinya semakin memburuk hingga dirawat di salah satu rumah sakit di sana,” ujar Mamat saat dihubungi melalui telepon seluler, Jumat (2 September 2016).

“Setelah menjalani perawatan selama beberapa jam, jemaah itu pun meninggal dunia. Dari pemeriksaan dokter di sana, murni karena sakit.”

Mamat mengakui, pihaknya belum memberikan informasi kepada pihak keluarga, sebab Kemenag menunggu pihak Arab Saudi yang memberitahukan kematian jamaah. “Belum, tunggu dari sana dulu bagaimana informasi lanjutannya. Yang jelas jemaah pasti dimakamkan di sana, prosedurnya begitu untuk jemaah haji,” katanya.

Kondisi cuaca ekstrim di Saudi Arabia, lanjut Mamat, memang membuat kondisi badan mudah menurun, bahkan suhu di sana mencapai 57 derajat celcius. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau jamaah agar sering minum air dan makan buah-buahan.

“Sekarang juga ada beberapa jemaah yang dirawat. Tapi yang penting banyak minum dan makan buah seperti apel, pisan dan pir. Kami harap jemaah lainnya tetap sehat dan dapat menjalankan ibadah dengan lancar,” tandasnya. (isl)

Comments

comments